01 February 2022

Cara Membuat Tautan Link di Artikel Postingan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Alifacode | Cara Membuat Tautan Link di Artikel Postingan

TAUTAN LINK seringnya kita melihat berbagai artikel yang bertebaran di dunia maya bisa diklik dan klik itu menuju ke sebuah alamat sebuah website. Fungsi dari Tautan Link itu adalah sebagai sarana / jembatan menuju URL yang dituju. Karena bila tidak ada link, maka kita tidak bisa melakukan penjelajahan ke website lain yang sudah tersebar luas di Search Engine.

Semisal ketika kita berselancar di Blog Alifacode : Trik dan Tips Ngeblog dan disitu kita menemukan sebuah kata yang ber-link tautan ke sebuah blog lainnya misalnya Download Vector. Pastikan alamat URL yang tertera benar ya, soalnya bila salah tulis meski satu huruf saja, bisa fatal akibatnya, karena kita akan terlempar ke website lain yang tidak kita tuju. Sudah paham khan maksudnya?

Nah itulah fungsi dari Hyperlink. Terus bagaimana cara mengaplikasikannya ya? Saya mulai penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan yang hinggap di benak saya. Kemudian saya mulai utak-atik sana dan mencari. Secara masih agak kerepotan juga dengan masalah seperti ini. Tapi meski begitu, tetap harus dicari solusi dan bagaimana mengatasinya.

Tapi alhamdulillah selang beberapa lama kemudian bisa mengaplikasikannya dan mempraktekkannya. Dan cara mengaplikasikannya memang membutuhkan sebuah kode khusus. Memang tidak serumit yang kita bayangkan sebetulnya. Karena dengan bahasa yang tidak asing, CSS, saya suka dengan style coding ini karena sangat fleksibel diterapkan dalam postingan apapun dan cara apapun yang kita buat nantinya.

Baca Juga : Membuat Dropcap atau Huruf Pertama Besar Pada Artikel di Blog Postingan

Hanya dengan penambahan sedikit berupa kode yang tepat. Maka kalimat atau kata yang sudah diberi kode Link Tautan tadi akan bisa menjadi sarana menuju URL yang lain. Sungguh enak ya khan bila kita bisa membuat dan menguprek coding yang ada di template blog kita. Karena dari sinilah awal bagus buruknya blog kita, edit template merupakan hal yang mutlak bagi kita yang sudah memiliki tekad untuk terjun ke dunia blogging. Menurut saya, memahami bahasa coding template memang harus selalu dibarengi dengan praktek yang terus menerus.

Masih penasaran ya? sama. Yuk mulai saja tutorial singkat ini.

Setelah masuk di halaman Postingan Baru cari kata yang akan diberi kode Link Tautan

Seperti ini misal :
Blog ini dibangun berdasarkan kesadaran berbagi Ilmu Pengetahuan.
Kalimat Ilmu Pengetahuan itu yang dijadikan Tautan Link Maka penerapannya akan seperti dibawah ini :

<a href="alamat URL kamu disini">Ilmu Pengetahuan</a>

Kata : alamat URL kamu disini, ganti dengan URL yang akan kalian tuju semisal ini https://alifacode.com.
Nah sudah khan mengerjakannya.
Save Posting dan Publikasikan.

Lihat di blog kalian pasti sudah jadi Tautan Link-nya.

Sekarang kita coba cara kedua karena cara yang diatas adalah mengklik tautan pada lembar kerja sehingga lembar kerja tertutup dengan klik tautan link tersebut. Terus bagaimana juga tautan link diklik menuju Tab Halaman Baru.

Sekarang kita lanjut dengan pembahasan Membuat Tautan Link menuju ke Tab Halaman Baru. Tinggal membubuhkan kode blank (kosong, red) dalam arti harfiahnya, maka Link Tautan akan segera terbuka pada halaman baru.

Ayo kita lakukan sama-sama.

<a href="alamat URL kamu disini" target="_blank">Isi Caption</a>

Coba bedakan antara dua link ini ya, coba klik :

Tanpa kode Blank

Dengan kode Blank

Kalau mau link disentuh mouse langsung terbuka ada kok kodenya :
Seperti ini contohnya :

Coba Sentuh Link Ini



Caranya :
Taruh kode ini di dalam postingan blog >>

<a href="URL blog kalian disini" onMouseover="window.location=this.href">Coba Sentuh Link Ini</a>


Catatan :
Untuk : URL blog kalian disini diganti dengan alamat blog kalian.


Sekian artikel : Cara Membuat Tautan Link di Artikel Postingan. Semoga bisa membantu rekan-rekan semua. Dan blog kalian menjadi lebih bagus lagi nantinya ya. Sekian dan terima kasih. Wassalam.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Cara Membuat Tautan Link di Artikel Postingan . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon