20 March 2022

Membuat Running Text di Atas Header

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Pola Running Text di Atas Header

Teks berjalan diatas Header. Bagaimana mungkin. Teks bisa berjalan diatas header / kepala blog. Seolah-olah teks itu ingin melarikan diri mungkin kali ya. hehe

Sebetulnya teks yang ada di Header adalah judul blog kita. Dan keadaan teks itu diam. Tapi dengan sentuhan sedikit javascript teks itu bisa berjalan seperti Running Teks. Indah bukan?

Baca Juga : Cara Membuat Gambar Bisa Berjejer kesamping di Postingan agar Rapi

Contohnya seperti ini :
Membuat Running Text di Atas Header

Sudah keliatan khan itu tulisannya yang berjalan di atas header. Itu yang kita sebut dengan Running Text. Teksnya seperti berlarian begitu ya. Unik sekali kode ini beradaptasi pada kode template kita.

Sekarang kita mulai saja cara membuatnya pelan-pelan. Tidak perlu terburu-buru, yang penting jadi gitu khan. Sambil nyantai juga boleh. Nyemil makanan kecil juga bisa. Pokoknya enjoy aja menurut kamu.

Baca Juga : Cara Membuat Background Posting Menjadi Berwarna-warni

Pertama kalian masuk ke Dashboard, kemudian pilih ke Tema dan pilih lagi Sesuaikan : Edit HTML. Masuk ke template lagi kita sekarang. Kemudian cari kode dibawah ini :

<head>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>


Kode diatas letaknya paling atas sendiri jadi nggak perlu bingung kalian mencarinya. Diatas Meta Tag blog yang kalian kelola. Jadi nyarinya juga nanti agak cepat ketimbang cari kode lainnya.

Kalau sudah ketemu itu kode, siap-siap tempelkan kode dibawah persis dibawah kode diatas ya. Dibawah ini kode javanya.
<script language='JavaScript'>
var txt=&quot;<data:blog.pageTitle/> - &quot;;
var kecepatan=100;var segarkan=null;function bergerak() { document.title=txt;
txt=txt.substring(1,txt.length)+txt.charAt(0);
segarkan=setTimeout(&quot;bergerak()&quot;,kecepatan);}bergerak();
</script> 


Catatan : untuk angka 100 adalah kecepatannya. Kalian bisa ganti sesuka hati.


Sekarang kalian tinggal praktekkan yang sudah kami berikan keterangannya diatas. Setelah artikel Membuat Running Text di Atas Header. Besoknya lagi berikan kami kesempatan untuk menampilkan artikel berbeda lainnya. Trims ya yang udah mampir. Salam.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Javascript

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Membuat Running Text di Atas Header . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon