19 June 2023

Inilah 2 Cara Meredirect URL Blog ke Website Lain

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

2 cara meredirect url blog lama ke blog baru

REDIRECT Blog ke Website lain adalah upaya kita memindahkan URL Blog lama ke URL Blog kita yang baru. Dikarenakan hal-hal yang bersifat krudensial, URL blog lama kita dipindahkan ke URL blog baru. Hal itu karena kesibukan kita yang memang mengganggu aktivitas ngeblog. Maka blog akan secara sengaja atau tidak sengaja tidak keurus. Maka solusinya ya dengan memindahkan URL blog. Sangat disayangkan bukan, bila Blog lama yang sudah bertraffic tinggi tiba-tiba merosot tajam karena kesibukan kita yang jarang mengelola blog?

Pernahkah kalian menemui beberapa kasus, bila kita mengklik sebuah alamat website misal abc.com kok tiba-tiba langsung berubah ke alamat cde.com tanpa kita mengetikkan URL alamat cde.com. Nah itulah yang kita namakan redirect. Memang dalam beberapa artikel yang berkembang belakangan ini, system redirect blog ini menjadi sebuah solusi untuk menjaga blog tetap eksis di tengah gempuran kesibukan kita.

Tapi kemungkinan terburuk dari redirect URL ini pada tahap awal, blog atau website akan mengalami penurunan traffic yang sangat tajam, namun hal itu hanya berlangsung beberapa hari saja. Setelah itu akan kembali normal seperti biasa. Algoritma search engine Google akan mendeteksi lagi redirect web ini secara langsung. Tapi yang pasti selalu diingat ya, cara ini sesuai kaidah SEO atau tidak, belum dapat dipastikan kebenarannya. Karena memang sedikit curang sih menurut saya, karena secara tidak langsung hal itu memanipulasi alamat sebuah website.

Ada 2 cara yang akan saya berikan disini. Langsung saja ya.



Cara Redirect Blog ke Website Lain dengan Metode Meta Content

1. Masuk ke Dashboard Blogger
2. Pilih Tema
3. Klik Sesuaikan : Edit HTML ini langsung masuk ke template
4. Cari kode <head> dan tempelkan kode dibawah ini dibawah <head> tadi. Karena posisi meta tag content ini berada di dalam tag <head>

<meta content='3;url=https://www.blogkamu.com/' http-equiv='refresh'/>


Catatan :
- Angka 3 : Angka 3 menandakan waktu jeda (dalam satuan detik) yang kita inginkan
- Segera ganti https://www.blogkamu.com/ dengan alamat blog baru kalian
- Setelah itu silahkan klik Simpan Tema

Nah itulah cara meredirect URL blog lama ke URL blog baru.

Tapi sepertinya cara tersebut diatas sudah tidak relevan, saya sudah membuatkan beberapa waktu silam, dan eh sekarang tidak bisa redirect. Entah kenapa, mungkin dari pihak Google mendeteksi hal itu sebagai spam Search Engine, atau mungkin sudah tidak sesuai dengan kaidah SEO belakangan ini. Untuk kebenaran pasti, saya belum bisa memastikan. Tapi pastinya sudah tidak relevan.

Mungkin menurut saya yang refresh itu ada kaitannya dengan refresh halaman blog. Soalnya dulu, waktu beberapa tahun silam, kondisi itu masih memungkinkan. Blog bisa langsung refresh otomatis dan meredirect ke blog baru. Tapi sekarang dengan kecanggihan AI dari Search Engine Google, sepertinya hal-hal semacam itu sudah dianggap hal yang sangat mengganggu system pencarian dalam algoritma Google.

Untuk alternatif ke dua ada nih :

Cara Redirect Blog ke Website Lain dengan Javascript

1. Masuk ke Dashboard Blogger
2. Pilih Tema
3. Klik Sesuaikan : Edit HTML ini langsung masuk ke template
4. Cari kode </head> dan tempelkan kode dibawah ini diatas </head> tadi. Karena posisi javascript ini harus berada di dalam tag </head>

<script type="text/javascript"> window.location=" https://BLOGANYAR.com"; </script>


- Ganti https://BLOGANYAR.com dengan alamat situs baru kalian
- Kemudian Simpan Tema

Masih ada lagi nih :

1. Masuk ke Dashboard Blogger
2. Pilih Tema
3. Klik Sesuaikan : Edit HTML ini langsung masuk ke template
4. Cari kode <head> dan tempelkan kode dibawah ini dibawah <head> tadi. Karena posisi meta tag content ini berada di dalam tag <head>

<script type='text/javascript'> var d=&#39;<data:blog.url/>&#39;; d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, &#39;&#39;); location.href = &#39;https://www.alifacode.com/&#39;; </script>


Kalau yang diatas ini masih bisa.

Sekian saja teman-teman, semoga bermanfaat dan blog kalian bisa tetap mendapatkan traffic mesti tidak lagi keurus dengan kesibukan kalian yang begitu padat di tempat kerja. Silakan lanjutkan kerjaan ngeblog kalian. "Tindakan adalah kunci dasar untuk semua kesuksesan. Maka ketika tindakanmu cukup kuat, kamu akan tampak memiliki kekuatan manusia super untuk mencapainya." Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Search Console , Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Inilah 2 Cara Meredirect URL Blog ke Website Lain . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon