28 June 2023

Memasang Lazy Load Adsense Mempercepat Loading Blog

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Memasang Lazy Load Adsense untuk Mempercepat Loading Blog

LAZY Load Adsense. Adalah script yang membuat blog beradsense menjadi bergulir lebih cepat. Target warna hijau pada PageSpeed dari Blog beradsense kemungkinan akan terjun kebawah menjadi merah bila tidak segera diatasi karena Adsense mengandung script load yang lumayan berat karena menampilkan widget animasi di dalamnya. Bila tidak segera menemukan caranya, bukan hal yang mustahil bila nanti secara lambat laun, artikel di blog kita akan nyungsep ke bawah perankingan di system Search Engine Google. Duh, berat nih. Oke kita bahas ini ya teman-teman supaya blog kita tetap ringan meski terdapat Adsense didalamnya.

Tutorial ini sudah dibahas beberapa kali oleh beberapa blogger di luaran sana, dan sekarang termasuk saya. Ya memang cara mengaktifkan mode ringan pada blog untuk Adsense memang harus sih menurut saya. Selain blog tetap ringan, Adsense pun tetap jalan. Jangan sampai dikarenakan terdapat Adsense terus blog kita menjadi berat. Salah satu cara yang akan diterapkan kali ini adalah dengan menambahkan script juga yaitu Script Lazy Load Adsense. Untuk penerapannya, silakan stay tune disini terus ya dan baca sampai akhir supaya tidak gagal paham.

Seperti kita tahu, bahwa Lazy Load Adsense adalah sebuah metode meringankan muatan blog saat pertama kali dimuat dengan cara melakukan penundaan beberapa item didalamnya. Biasanya item ini berupa gambar dan juga widget lain yang kondisinya memang memberatkan loading pertama. Sehingga item-item ini harus diperingan dengan script itu. Script ini dapat terpasang pada platform blogspot dan juga wordpress, tapi khusus wordpress saya tidak memberikan tutorialnya. Jadi silakan cari di blog lain ya teman-teman :D



Cara Mempercepat Loading Blog Beradsense dengan Lazy Load Adsense


Seperti biasa backup dulu template kalian kalau mau utak-atik template ya. Begini caranya Back Up Template
1. Masuk ke DASHBOARD Blogger
2. Klik TEMA
3. Pilih SESUAIKAN kemudian pilih EDIT HTML
4. Temukan kode </body>
5. Tempelkan kode dibawah persis diatas kode </body> tadi. Letaknya paling bawah dari struktur template blog ya teman-teman. Supaya gampang, langsung scroll kebawah saja templatenya. Ntar juga ketemua disitu.
<script type='text/javascript'> 
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense 
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]> 
</script>


6. Terakhir, SAVE tugas kalian. Dan trara. Jadilah. Coba sekarang refresh halaman blog kalian, pasti sudah lumayan enteng dan cepat loadingnya. Atau ini juga ada cara lain. Sudah saya taruh di JsDeliver untuk memperpendek URL dan juga mempercepat copy pastenya. Ini dia kodenya :
<script src='https://cdn.jsdelivr.net/gh/Alifacode/backupmaster@main/lazysizes.min.js' type='text/javascript'/>


Sudah ya tutorialnya. Silakan dipraktekkan. Saya sisipin quotes sederhana untuk hari ini ya. "Ciptakan gayamu sendiri. Jadikan itu unik namun tetap dapat dikenali oleh orang lain. Jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri, bukan versi terbaik dari orang lain." Sekian tutorial kali ini. Selamat ngeblog lagi. Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Javascript , Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Memasang Lazy Load Adsense Mempercepat Loading Blog . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon