20 June 2023

Cara Menampilkan File PDF dan Membacanya Langsung di Blog

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Menampilkan dan membaca langsung file PDF di blog

PDF merupakan metode penyimpanan file dalam bentuk portable. PDF sendiri adalah kependekan dari Portable Document Format. Sehingga dimanapun tempat bisa dibaca asal terdapat software pembacanya yaitu PDF Reader atau bisa juga aplikasi lain seperti Foxit Reader. Keberadaan file PDF ini tentu saja menguntungkan semua pihak, karena lebih praktis dan dapat dengan mudah dibaca tanpa mengubah struktur di dalamnya. Tidak seperti Microsoft Offie MS Word yang terkadang dapat berubah bentuk ketika di baca di PC atau laptop lain.

Biasanya bila kita mengerjakan tulisan pada MS Word bisa langsung kita simpan dengan format PDF dan taruh di flasdisk. Selesai. Tapi bila ingin melihat secara online tidak ada salahnya kita mencoba cara satu ini. Karena ini sifatnya bisa langsung dilihat dalam blog kita, maka kita mesti memasangnya dengan kode-kode tertentu. Supaya nanti hasil kerja bentuk PDF itu bisa kita lihat secara langsung dalam blog kita.

Caranya tidak sulit kok. Nanti kalian urutin caranya satu persatu. Dan praktekkan, inshaallah bisa. Ntar bisa seperti situs SCRIBD lho hehe. Bisa langsung membaca file PDF di situs tersebut. Yuk kita lanjut lagi tutorialnya.



Menampilkan PDF di Blog dan Bisa dibaca Langsung


Cara mudahnya :

1. Buka file Pdf dan salin URL-nya.
2. Klik Mode HTML di postinan Blogger.
3. Masukkan kode berikut ini:
<embed src="URL File pdf di Sini" type="application/pdf" width="100%" height="600px" />


Catatan :
URL File PDF diambil dari URL file PDF yang sudah terhosting misal di googledrive.
Width : panjang view PDF
Height : tinggi view PDF


Cara Mendapatkan URL PDF di GoogleDrive


1. Masuk ke GOOGLEDRIVE
2. Login dengan AKUN kalian
3. Klik BARU
4. Pilih file PDF
5. Lalu UPLOAD
6. Kemudian KLIK KANAN file yang sudah terupload tadi
7. Klik SALIN LINK
8. Pastekan di browser kalian. Ntar ada alamat seperti ini :
https://drive.google.com/file/d/10StwRhkrMLGaLLsmJIU4NiGfyCPwoGfm/view

Nah setelah itu diamkan sebentar. Kita kembali ke tutorial tadi ya. Setelah kita dapat URL PDF itu, kemudian kita salinkan saja ke Embed Code yang sudah saya berikan pada Tutorial Pertama tadi. Jadinya nanti akan seperti ini :
<embed src="https://drive.google.com/file/d/10StwRhkrMLGaLLsmJIU4NiGfyCPwoGfm/view" type="application/pdf" width="100%" height="600px" />


Nanti jadinya akan seperti ini :

DEMO




Sudah sampai pada penghujung acara teman-teman. Gampang khan? Jadi simpan saja file PDF kalian pada blog dan bila nanti membutuhkan bisa langsung baca lewat blog sekalian lihat hasil kerjaan kalian. Okelah kalau begitu. Silakan mengerjakan. "Jangan kutuk dirimu atas kesalahan yang kamu buat di masa lalu, jadikan sebagai pelajaran dan berusaha hidup lebih baik. Jadikan kegagalanmu sebagai batu loncatan untuk bisa menggapai hal yang lebih tinggi." Quotes of The Day yang sangat menusuk sampai ke relung hati. Silakan edit blognya lagi. Salam Blogger.

Oh iya, saya sertakan keseluruhan file format PDF dari Novel Populer karya Andrea Hinata : LASKAR PELANGI. Bagi kalian yang suka membaca novel, ini salah satu novel terbaik karya anak bangsa lho. Jadi coba deh dibaca. Ini dia tinggal download saja file-nya. Kecil kok hanya 1,5 MB.



Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog , Tools

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Cara Menampilkan File PDF dan Membacanya Langsung di Blog . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon