08 October 2022

Inilah Beberapa Dampak Positif dari Kegiatan Ngeblog

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Inilah Beberapa Dampak Positif dari Kegiatan Ngeblog

Ngeblog Adalah kegiatan menulis ke dalam blog bisa blogspot atau wordpress dan diupload ke dunia maya. Tujuannya adalah supaya tulisan itu dapat dibaca orang-orang dari belahan dunia manapun. Dengan menulis maka kita sebagai blogger dituntut untuk kreatif menuangkan gagasan dalam pikiran yang diungkapkan lewat goresan pena.

Terus ada yang bertanya nggak soal "untuk apa ngeblog?". Mungkin beberapa orang yang ada di sekitar kita menanyakan hal tersebut. Kitapun bisa menjawabnya dengan jawaban yang lugas, tuntas dan cerdas. Apa maksudnya, kita memberikan penjelasan singkat, padat dan jelas dampak positif dari kegiatan ngeblog. Karena hasil akhirnya selain mendapatkan kepuasan tersendiri karena kita dapat berbagi pengalaman kepada orang lain, juga kepuasan mendapatkan penghasilan tambahan yaitu Adsense.

Selama saya ngeblog dan berdasar pengalaman pribagi saya selama ini, ada beberapa dampak positif yang saya rasakan dengan menggeluti aktivitas ngeblog ini. Saya rangkum saja ada beberapa dibawah ini :

Beberapa Dampak Positif dari Kegiatan Ngeblog


1. Makin Kreatif

Kenapa saya bilang demikian. Ya karena kita menulis itu. Menulis yang berbobot tidak sekedar urak-urek di bidang blog atau sekedarnya saja. Tapi lebih dari itu adalah ide dan gagasan yang ada di kepala kita bisa tertuang dan memberikan manfaat yang baik kepada pengguna.

Menulis yang baik itu adalah yang memiliki kerangka. Seperti penulisan berita, memuat unsur 5 W + 1 H. What, Where, When, Who, Why dan How. Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa dan Bagaimana. Dengan unsur itu saja sudah banyak inti yang dapat kita kembangkan. Melatih menulis berarti juga mengasah otak untuk berpikir kritis. Berpikir mencari solusi. Secara nyata, kita dapat memberikan tutorial yang baik dan berguna kepada orang lain yang membutuhkan.

2. Menjadi Kritis

Kenapa saya bilang demikian, karena seringnya kalian menulis artikel di blog, otomatis otak kita dituntut bekerja untuk memikirkan ide dan menuangkan gagasan kreatif kita dalam bentuk tulisan. Dan cara ini sudah terbukti manjur dalam membuat diri kita menjadi seorang yang kritis. Karena dengan membaca dan menulis, secara alami, otak kita terlatih secara sistematik untuk berpikir kritis. Iya nggak?

Ngeblog itu menyenangkan. Tidak ada yang akan menyanggah hal itu. Tapi apa jadinya jika kalian terlalu berlebihan dalam mengelola blog?


3. Mendapatkan Teman

Saya tahu untuk mendapatkan teman tidak semata-mata lewat dunia nyata, lewat dunia maya juga kita dapat menjaring pertemanan dan bahkan dari belahan dunia sana. Banyak teman diluaran sana yang juga siap menjadi teman kita. Dengan begitu kita tidak merasa sendirian dalam merintis karier ngeblog. Kalau masih kurang, saya sarankan kalian masuk ke forum-forum blogger yang sudah tersebar merata di sosmed, misal di telegram ataupun di facebook. Banyak sekali dan tidak terhitung jumlah forum yang berada dan semua membernya rata-rata masih aktif. Jadi semakin membuka peluang untuk kalian mencari teman disana.

4. Mendapatkan Cuan

Nah ini dia yang sering menjadi alasan utama dan dampak positif utama dari kegiatan ngeblog. Apakah itu?

ADSENSE


Jika kalian sering aktif di grup-grup blogging facebook, maka kalian akan menemukan banyak curhatan dari beberapa blogger yang mendapatkan cuan dari adsense karena blognya sudah mampu menghasilkan uang. Saya bahkan pernah membaca bahwa ada blogger yang menghabiskan bertahun-tahun fokus untuk membangun blog dengan mengorbankan banyak hal di hidup mereka. Dan hasil akhirnya mereka mendapatkan cuan yang cukup lumayan besar.

Seperti yang banyak kalian tahu dan lihat di berbagai postingan, banyak yang mempublikasikan artikel tentang mudahnya mendapatkan uang dari blog. Padahal jika kita mau berpikir dengan logis, kaya dari internet memang sudah menjadi hal yang nyata apalagi di era digital sekarang ini.

Bukannya tidak mungkin untuk menghasilkan uang dari blog, tapi hanya beberapa orang saja yang benar-benar mampu mendapatkan pengalaman menyenangkan tersebut.

Kalau boleh merencanakan blog yang akan menjadi sukses di masa depan, untuk ukuran orang biasa yang tidak memiliki cukup modal untuk memulai blog, saya rasa setidaknya dibutuhkan waktu antara 2 – 3 tahun sampai blog tersebut benar-benar menjadi mesin uang.

Dalam waktu tersebut, orang yang ingin menghasilkan uang dari blognya harus konsisten menulis konten-konten berkualitas dengan niche tertentu mengingat ada beberapa niche yang sulit dimonetisasi.

Seandainya kalian bermimpi menjadi blogger sukses, setidaknya satu modal terpenting adalah memiliki keahlian ngeblog terutama ngoding yang tidak dimiliki oleh orang lain. Jika tidak, sebaiknya kalian urungkan saja niat mencari cuan lewat dunia maya, kalian mendingan menyerah saja karena kemungkinannya sangat kecil untuk bisa sukses mengingat persaingan di dunia informasi semakin ketat saja setiap harinya.

Saya hanya mau mengingatkan, dalam ngeblog yang dibutuhkan hanya 2 hal, yaitu terus menulis meskipun tulisan kita buruk dan menjaga hubungan baik dengan blogger lain. Kadang-kadang kalian harus bersyukur untuk hasil di hari ini daripada merasa iri dengan pencapaian blogger lain. Mungkin saya bukan blogger sukses yang bisa memberi nasehat, tapi saya adalah blogger yang menikmati aktivitas ngeblog dan blog saya sekarang sudah menghasilkan cuan yang cukup lumayan untuk tambahan gaji saya setiap bulannya.

-- Kerja keras memang tidak mengkhianati hasil bukan --. Jadi tetaplah semangat, jadikan ngeblog sebagai hobi dan ladang pahala memberikan ilmu yang bermanfaat. Toh suatu saat nanti, kita akan merasakan hasilnya, bukan mereka yang akan merasakan hasil jerih payah yang suka malas-malasan dan merasa iri hati dengan pencapaian kita hingga sekarang ini. Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Adsense , Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Inilah Beberapa Dampak Positif dari Kegiatan Ngeblog . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon