14 September 2022

Apakah Adsense Itu? Bagaimana sejarah berdirinya dan Kelebihannya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Apakah itu Adsense? Bagaimana sejarah berdirinya dan Kelebihannya

ADSENSE Google. Beberapa dari kalian para blogger pasti sudah tidak asing dengan nama Adsense ya. Dikala Youtube dengan Youtubernya dengan penghasilan puluhan hingga ratusan juta dari Iklan, sejak itulah Adsense sering dibahas di blog-blog yang bertebaran di dunia maya. Simpelnya, Adsense adalah wadah para konten kreator entah itu dari Blog - dengan webnya - atau Youtube -dengan videonya- , untuk mendapatkan penghasilan berupa pundi-pundi dollar dari konten yang diuploadnya ke dunia maya.

Memang tidak dapat dipungkiri di jaman sekarang era Youtube, dimana peran video mendominasi dari segi Adsense, tapi bukan berarti kalian tidak dapat memafaatkan blog untuk meraih pundi-pundi dollar. Terus bagaimana caranya, bila kita ingin memonetisasi website kita untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Yuk kita bahas disini sama-sama.



Apa itu AdSense?

AdSense atau Google AdSense merupakan sebuah platform iklan dan bagian dari jaringan periklanan yang dimiliki oleh Google.Inc. Platform ini memudahkan para publishernya untuk mendapatkan penghasilan dari websitenya. Para admin website hanya perlu menempelkan kode tertentu dari Adsense untuk ditampilkan dalam websitenya, begitu pula dalam memonetisasi video yang diunggahnya di Youtube.

Google AdSense dalam memasang sebuah iklan dari para partnernya, akan memilih iklan yang paling relevan berdasarkan dari konten dan traffic pengunjung sebuah website. Tapi tidak terbatas itu saja, terkadang iklan yang tidak begitu relevan juga bisa terpasang di blog atau website yang menjadi publisher iklan Google. Disini terdapat dua sisi yang saling menguntungkan satu sama lainnya, kita sebagai publisher memonetisasi iklan dengan memasarkan lewat website kita, sedangkan para pemasang iklan akan membayar sejumlah dollar kepada pihak Google sebagai induk utama Adsense, dan nanti berapa persen penghasilan dari iklan akan masuk ke kantong kita bila kita berhasil memasarkan produknya lewat website kita.

Penghasilan yang akan kita dapatkan juga bervariasi tergantung dari traffic blog dan juga CPC dari kata kunci yang ditargetkan ke pencarian Google.

Sejarah Google AdSense

Mula berdirinya Adsense pada waktu itu bernama "Content Targeting Advertising". Sedangkan nama AdSense merupakan nama yang diadopsi oleh Google setelah beberapa tahun kemudian mengakuisisi Applied Semantics pada April 2003, 19 tahun silam.

Paul Buchheit sang pendiri Gmail, memiliki ide untuk menjalankan sebuah iklan dalam layanan email Google. Ide itu kemudian dikembangkan terus oleh Susan Wojcicki dan didukung oleh Sergey Brin, hingga menjadi produk yang sangat sukses waktu itu. Dikabarkan, berkat dua orang jenius tersebut, AdSense menyumbang sekitar 15% dari total pendapatan Google. Sungguh luar biasa bukan?

Kemudian pada tahun 2009, fitur terbaru Google AdSense adalah fitur untuk mengaktifkan beberapa jaringan untuk menampilkan iklan. Awal tahun 2010, perkembangan Google AdSense mulai menggunakan riwayat pencarian dalam pencocokan kontekstual untuk menawarkan iklan yang lebih relevan. Sekitar tahun 2014, Google AdSense meluncurkan Direct Campaigns, alat di mana penerbit atau publisher dapat langsung menjual iklan. Namun, fitur ini dihentikan pada 2015.

Keunggulan Google AdSense

Beberapa keunggulan Google AdSense adalah sebagai berikut:

1. Google AdSense merupakan layanan pengiklan online yang menyajikan iklan

Salah satu keunggulan dari Google AdSense adalah penyajian iklan yang disesuaikan dengan minat dari pengunjung website. Dengan kesesuaian ini, maka semakin besar peluang pengunjung untuk melakukan klik terhadap iklan yang ditampilkan.
Lalu, apa manfaatnya bagi kita? Tentu saja hal ini akan memancing orang untuk mengklik iklan di website kita karena iklan sudah relevan dengan isi artikel di website. Hal ini akan memperbesar pendapatan kita di kemudian hari.

2. Google AdSense memberikan kendali penuh terhadap iklan yang ditampilkan

Memegang kendali penuh atas jenis iklan yang ditampilkan di web atau platform blog. Kita diberikan kebebasan untuk menentukan iklan apa saja yang relevan dan mau ditempatkan dimana kita suka dan ditempatkan.

3. Google AdSense akan menampilkan iklan yang membayar tinggi

Iklan yang ditampilkan Google AdSense merupakan iklan yang membayar paling tinggi. Sebagai pemberi ruang iklan, dalam hal ini kita tentu diuntungkan. Google AdSense ingin memastikan bahwa kita memperoleh pendapatan yang memuaskan dari website kita.

4. Google AdSense memiliki dukungan berbagai format iklan

Keunggulan lainnya Google AdSense adalah dukungannya ke berbagai jenis format iklan yang ditampilkan. Beberapa format yang didukung antara lain adalah iklan teks, gambar, iklan HTML, iklan video, dan iklan ramah seluler/responsive.

5. Google AdSense memberikan pelaporan terbuka

Terakhir adalah Google AdSense unggul dalam hal pelaporan periklanannya. Google AdSense membuat laporan kinerja untuk memvisualisasikan penghasilan dan kinerja dari akun kita. Dia menawarkan keterbukaan tetapi tetap menjamin keamanan bagi pengiklan dan publisher seperti kita untuk mengiklankan dan memonetisasi konten mereka secara adil dan terbuka.

Cara kerja Google Adsense

Sebelum menggunakan Google AdSense, alangkah baiknya kita mempelajari dan memahami kinerjanya secara keseluruhan. Sehingga nanti kita akan mendapatkan gambaran sedikit tentang bagaimana kita dapat memperoleh penghasilan dari Adsense ini.

Cara kerja Google AdSense adalah seperti di bawah ini:

"Sebagai publisher, pemilik situs web, atau konten kreator YouTube perlu memiliki akun AdSense dengan cara mendaftar dan mendapatkan persetujuan dari Google. Pastikan telah mematuhi kebijakan yang telah ditentukan oleh AdSense."


"Setelah disetujui, kita perlu memasukkan kode kecil langsung di situs web dan AdSense akan secara otomatis mengisi ruang iklan di situs web kita dengan iklan yang paling relevan."


"AdSense memungkinkan pengiklannya bersaing untuk mendapatkan ruang di situs web berdasarkan konten yang kita miliki, serta seberapa besar kemungkinan mereka mendapatkan klik pada iklan mereka dari pengunjung."


"Terakhir, Google menentukan melalui "skor kualitas" pengiklan, melalui Click-Through Rate (CTR). Pengunjung situs web akan mulai mengklik iklan tersebut dan kita sebagai pemilik web akan dibayar untuk itu. Google AdSense bekerja berdasarkan biaya per klik dan bagi hasil. Yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan strategi agar iklan tersebut mendapatkan klik sebanyak mungkin dari para visitor."


Terus bagaimana bila kita ingin mendaftar Adsense supaya blog kita bisa terpasangi iklan. Lha ini dibawah sudah ada tutorialnya.

Cara membuat akun Google AdSense

Buka browser.

Kunjungi https://www.google.com/adsense/start.

Klik Mulai.

Masuk ke Akun Google.

Halaman baru akan muncul. Masukkan URL web yang ingin menampilkan iklan yang benar, misalnya alifacode.com.

Pilih apakah ingin AdSense mengirimi bantuan yang disesuaikan dan saran kinerja. Kita dapat memilih opsi “Ya” agar kita dapat memaksimalkan AdSense.

Pilih negara atau wilayah pembayaran. Pastikan memilih negara/wilayah tempat tinggal saat ini.

Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.

Klik Mulai menggunakan AdSense.

Selesai. Sekarang kita telah masuk ke akun AdSense baru yang telah kita daftarkan barusan. Blog dan website kita siap mendatangkan cuan. :D . Salam Blogger. Salam Adsense.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Adsense

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Apakah Adsense Itu? Bagaimana sejarah berdirinya dan Kelebihannya . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon