25 September 2022

Cara Praktis Membuat Sitelink di Search Engine Google

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Cara Praktis Membuat Sitelink di Search Engine Google

SITELINK pada pencarian Google sering sekali kita temui. Biasanya sitelink ini ada di situs-situs yang sudah punya nama / brand besar. Tapi apakah kalian tahu sitelink itu apa? apa mungkin malah tidak tahu sama sekali?

Cara Membuat Sitelink di Search Engine Google


Itu dia diatas adalah contoh Sitelink. Mungkin pernah khan kalian waktu browsing menemukan model seperti itu. Nah itulah yang dinamakan sitelink. Bagus khan, seperti pohon berakar.

Google sitelink merupakan sub halaman yang ada di bawah URL website halaman pertama atau display yang muncul seketika di halaman pencarian search engine google. Sitelink biasanya berisi link halaman populer yang ada di website tersebut. Google sitelink biasanya muncul ketika kalian melakukan pencarian menggunakan kata kunci suatu nama atau brand khusus.

Algoritma Search Engine Google berupaya mempermudah visitor blog tersebut untuk menjelajahi artikel dengan memilih halaman populer yang ditampilan sebagai sitelink. Daripada mencari di dalam website dengan pencarian yang agak melelahkan, lebih baik dengan sitelink.

Sitelink juga dapat meningkatkan Click Through Rate (CTR), meningkatkan kepercayaan (kredibilitas) pengunjung website, serta meningkatkan brand awareness dari sebuah website.

Lalu bagaimanakah cara membuat sitelink untuk sebuah website?

1. Buat Nama Website yang Unik

3. Lakukan Optimalisasi SEO

4. Buat Internal Link

5. Tingkatkan Brand Awareness

6. Pastikan Struktur dan Navigasi Website yang Jelas

7. Buat Sitemaps XML dan HTML


1. Berilah Nama Website yang Unique

Tidak semua brand website akan mendapatkan sitelink, melainkan hanya brand dengan nama yang unik dan berada di halaman pertama hasil pencarian Google yang akan mendapatkan sitelink. Google sitelink ditampilkan pada pencarian dengan keyword nama brand tertentu.

Contoh : Jasa Masak Indonesia, sebuah website yang bergerak dalam bidang kuliner akan merasa kesusahan mendapatkan sitelink. Lebih baik menggunakan nama yang lebih bernuansa branded yakni misal, SantiCook, atau IndraKitchen. Mungkin seperti itu.

3. Lakukan Optimalisasi SEO

Salah satu cara mendapatkan posisi halaman pertama Google yaitu dengan melakukan optimalisasi SEO (Search Engine Optimization). Optimalisasi SEO dapat dilakukan dengan dua teknik, yakni teknik SEO On Page dan teknik SEO Off Page.
Teknik SEO On Page merupakan teknik optimalisasi yang dilakukan pada website itu. Teknik ini bertujuan memberikan manfaat (value) website bagi visitor, memudahkan visitor melakukan eksplorasi website, membuat visitor betah berada di website, serta mempermudah mesin pencari mengerti dengan struktur website kalian.
Sedangkan SEO Off Page merupakan optimalisasi SEO yang dilakukan di luar website. Maksudnya adalah menaikkan peringkat SERP (Search Engine Result Page), meningkatkan page rage halaman website, membangun kepercayaan dan otoritas website dari mesin pencari dan menaikkan reputasi website.

4. Buat Internal Link

Internal link adalah suatu halaman yang mengarah ke halaman lain dalam satu website (website yang sama). Semakin banyak internal link semakin mudah Google mengetahui halaman populer pada website kamu untuk dijadikan sitelink. Misalnya, bila kalian berulang kali menautkan link ke halaman about, maka Google menilai halaman itu menjadi halaman yang populer pada website.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk mengidentifikasi dan kemudian mengingat sebuah merek (brand), seperti nama, gambar, logo atau slogan yang digunakan oleh sebuah website itu. Jika orang semakin familiar dengan suatu brand, maka semakin sering pula mereka mencari brand tersebut di Google. Kemudian semakin banyak orang yang mencari brand kalian di Google, semakin mudah untuk kamu mendapatkan sitelink. Lalu bagaimana cara meningkatkan brand awareness?

1. Targetkan kata kunci yang tepat pada halaman website untuk membantu website kalian mudah ditemukan dan mendapatkan posisi yang baik pada mesin pencarian search engine google.
2. Buat konten yang berkualitas untuk optimalisasi SEO sehingga dapat menaikkan posisi website pada mesin pencarian dan menarik perhatian pengunjung supaya betah berlama-lama di website membaca konten yang ada.
3. Buat blog website dengan menyediakan artikel-artikel yang memberikan manfaat (value) bagi visitor.
4. Terus melakukan evaluasi SEO agar kinerja SEO pada website berjalan maksimal.


6. Pastikan Struktur dan Navigasi Website yang Jelas

Dengan struktur dan navigasi website yang jelas akan mempermudah Google melakukan crawling dan indexing untuk dijadikan sitelink. Memiliki halaman (menu) navigasi utama yang lengkap, Homepage, About Us, Contact Us serta Services dan masih banyak lagi.

7. Buat Sitemaps XML dan HTML

Sitemaps XML adalah daftar halaman website yang ditujukan kepada mesin pencari agar website mudah ditemukan. Sedangkan sitemaps HTML adalah daftar halaman website yang ditujukan untuk pengunjung website.

Mendapatkan sitelink memang mutlak dari algoritma Google dan kita tidak dapat membuatnya. Hanya website dengan brand dan reputasi yang baik di Search Engine Google yang akan mendapatkan spesial sitelink ini. Namun setidaknya dengan melakukan 7 cara diatas, bisa sedikit membantu kalian untuk mendapatkan sitelink. Semoga bermanfaat. Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Adsense , CSS , Search Console , Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Cara Praktis Membuat Sitelink di Search Engine Google . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon