15 October 2023

10 Tips Menulis Konten Unik Blog Menghadapi Gempuran AI

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

AI Di era zaman sekarang apa sih yang tidak dapat dilakukan dengan AI -- Artificial Intelligent --. Kalau kalian seorang yang berkutat dengan komputer dan internet, sangat mahfum sekali dengan teknologi yang satu ini. Ya, AI adalah seperangkat alat canggih yang dapat mengerjakan sesuatu layaknya manusia yang memiliki kecerdasan.

Entah siapapun itu dapat dipastikan bisa menuliskan sesuatu tulisan di blog, tapi dibutuhkan sedikit usaha ekstra untuk membuat blog kita menonjol dan memiliki keunikan tersendiri dibanding blog yang lain. Mungkin sulit memikirkan hal-hal baru dan menarik untuk ditulis, terutama jika baru saja mengenal blog.

Tapi apapun itu, terjangan sesulit apapun di masa sekarang, kita sebagai seorang blogger pemula atau seorang blogger profesional, harus memperhatikan kualitas dan gaya penulisan blog. Postingan blog yang baik adalah yang meyakinkan, ditulis dengan baik, terstruktur dengan benar, dan dikutip dengan benar. Selain itu, adalah yang isinya menarik dan persuasif.



Pentingnya Konten Unik Bagi Blogger

Meskipun tidak ada satu cara yang pasti untuk membuat konten yang bagus, namun bila kalian ingin sukses dalam ngeblog, maka pastikan akan pentingnya tulisan yang unik dari yang lain.

Kita tidak boleh meremehkan pentingnya memiliki konten unik untuk blog.

Menerbitkan postingan yang menarik dari segi isi dan memiliki wawasan luas membuat konten blog menonjol dari yang lain dan lebih menarik bagi pembaca. Terlebih lagi, jika konten atau tulisan itu segar dan hasil karya sendiri atau autentik, orang akan lebih cenderung membagikannya. Ini membantu menarik lebih banyak pembaca ke blog kita dan membuat mereka datang untuk kembali lagi ke blog sekedar untuk membaca dan memahaminya.

Meskipun mungkin ingin mempertahankan tulisan pada merek, itu tidak berarti harus menyalin ide orang lain dan menaruhnya di blog. Sebaliknya, cobalah menggunakan kreativitas untuk mengembangkan ide-ide unik yang belum pernah dilihat orang sebelumnya.

Wajar bila dikatakan bahwa konten unik meningkatkan pengalaman audiens, meningkatkan nilai situs web dan menciptakan reputasi blog di SERP dan bisa blogger tersebut dianggap blogger yang baik.

Tips dan Trik Blogging Untuk Menulis Unik

Berikut dibawah ini adalah 10 tips bagi blogger untuk membuat konten unik.

1. Lakukan Penelitian Mendalam

Sebelum menulis tentang suatu topik, penting untuk melakukan penelitian mendalam untuk memastikan bahwa informasi yang disajikan akurat dan lengkap. Hal ini akan memungkinkan kalian mengembangkan pemahaman menyeluruh tentang subjek dan berpotensi mengungkap informasi baru dan menarik.

Jadi, dengan meluangkan waktu untuk memahami pokok bahasannya, kalian dapat menulis dengan lebih bagus dan menarik. Selain itu, pembaca akan menghargai upaya kalian dalam mendidik diri sendiri tentang topik yang dibahas itu.

Ada banyak cara untuk meneliti suatu topik, seperti menggunakan sumber online, buku, artikel, wawancara, berbicara dengan pakar, atau membaca literatur yang relevan.

2. Buat Garis Besar Blog yang Kuat

Jika ingin memiliki blog yang sukses, penting untuk membuat garis besar yang kuat sebelum menulis. Hal ini akan membantu mengatur pemikiran dan ide yang akan dituangkan serta memastikan bahwa blog sudah terfokus pada topik.

Saat membuat garis besar untuk blog, semua mempertimbangkan hal berikut :

Apa topik utama blog ?
Sub-topik apa yang akan dibahas ?
Judul yang menarik untuk blog
Kata kunci Primer, Sekunder, dan LSI
Urutan topik yang ingin dibahas.
Jadi, dengan meluangkan waktu untuk membuat garis besar yang matang, dapat menghemat waktu dan mengurangi rasa frustrasi di kemudian hari saat menulis postingan di blog.

3. Bagikan Pengalaman Pribadi

Ada banyak informasi yang berulang-ulang di Internet karena orang cenderung menulis tentang apa yang mereka baca daripada pengalaman mereka sendiri. Dalam hal ini adalah membuat konten unik, pengalaman pribadi merupakan keunikan dan bukan sesuatu yang dapat ditiru sepenuhnya. Banyak sekali manfaat menulis pengalaman pribadi di blog.

Berbagi pengalaman pribadi menambah kedalaman dan kekayaan konten serta membuatnya lebih menarik dan patut untuk dibaca. Menulis tentang pengalaman pribadi menghasilkan kejelasan dan wawasan yang lebih besar. Pada akhirnya, menulis tentang pengalaman pribadi adalah cara yang bagus untuk menambah nilai bagi pembaca.

4. Sabar Saat Menulis

Rentetan rangsangan yang terus-menerus di dunia saat ini dapat menyebabkan kita terburu-buru dalam melakukan pekerjaan. Meski demikian, terburu-buru dapat mengakibatkan kesalahan dan penurunan produktivitas selama proses penulisan. Terburu-buru dalam proses menulis dapat menghasilkan pekerjaan di bawah standar, jadi penting untuk meluangkan waktu dan menciptakan sesuatu yang bisa fokus dan hasilnya dapat dibanggakan. Jika menulis blog konten pilar 5000 kata, semua dapat membaginya menjadi porsi yang lebih kecil dan menyelesaikannya dalam 2-3 hari. Ini akan memungkinkan untuk menulis blog lebih panjang tanpa merasa lelah.

5. Gunakan Penulis AI

Menulis dengan kata-kata dari ide sendiri bisa menjadi tugas yang memakan waktu, terutama jika membuat banyak blog, dan juga mungkin merasa bosan dan stress dalam menulis. Kecerdasan buatan telah digunakan di berbagai industri untuk membuat konten unik. Lebih baik menggunakan alat asisten penulisan AI daripada memproduksi konten plagiat untuk situs web. Bahkan dapat memparafrasekan konten atau mengubah nadanya untuk menjadikannya unik. Penulis AI membantu membuat konten berkualitas tinggi untuk blog dengan lebih cepat, meningkatkan SEO, dan menghemat waktu dan budget pengeluaran.

6. Visualisasikan Konten

Seperti kata pepatah, 'Sebuah gambar bernilai ribuan kata.' Menggunakan gambar, infografis, dan video memecah teks dan menambah daya tarik visual, yang membantu pembaca memahami apa yang ditulis. Selain itu, ini juga membantu pembaca memiliki daya ingat yang lebih luas. Jadi, jika ingin menambahkan data atau penelitian tertentu, coba sertakan bagan atau grafik untuk memvisualisasikan data tersebut.

7. Menulis Teratur

Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk membuat konten unik adalah menulis konten secara rutin. Hal ini bukan berarti harus menjadi penulis profesional atau semacamnya, tetapi berarti harus membiasakan menulis secara teratur. Kebiasaan sering menulis merupakan tanda seorang penulis yang baik.

Berikut beberapa hal yang terjadi jika kalian menulis secara teratur:
1. Dapat mengasah keterampilan dan meningkatkan keahlian
2. Dapat mengasah kemampuan menulis
3. Dapat menangkap pemikiran dan ide lebih baik

8. Sertakan Kutipan di Blog

Seringkali, saat membuat blog, kita perlu mengutip kata-kata tertentu secara eksplisit. Dalam hal ini, secara tidak sengaja adalah meniru konten. Selain itu, kita sering melihat situs web otoritas tinggi menuduh individu menggunakan kembali karya mereka tanpa izin. Hal ini bahkan dapat menyebabkan kalian menghadapi tuntutan hukum yang berlaku. Jadi, bagaimana cara mengatasi masalah yang ada? Cara termudah untuk mencegah hal ini adalah dengan mengetahui sumber data yang diperoleh dan menambahkan kutipan atau menautkannya ke situs web.

9. Perbarui Konten Blog Teratur

Blogger perlu menjaga konten mereka tetap segar dan unik di dunia internet yang berubah dengan cepat. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengunjungi kembali dan memperbarui postingan blog lama. Dengan menambahkan informasi baru atau mengambil perspektif baru pada topik lama, blogger dapat membuat pembacanya tetap terlibat dan kembali lagi. Ini akan memastikan bahwa blog tersebut menonjol dari yang lain dan pembaca akan dapat menghargai konten apa adanya. Selain itu, mesin pencari juga menyukai konten segar.

10. Menulis Niche Tertentu

Menulis untuk niche tertentu adalah cara yang bagus untuk membuat konten unik jika ingin menonjol secara online. Baik ahli di bidang fashion, makanan, atau teknologi, menulis untuk audiens khusus akan membantu terhubung dengan pembaca yang tertarik dengan topik blog tersebut. Dan ketika memberikan informasi berharga yang memenuhi kebutuhan mereka, akan dapat membangun pembaca setia yang cenderung kembali ke website kita dan berbagi konten dengan teman-teman mereka.

Dengan menulis untuk niche tertentu, akan dapat menargetkan audiens dengan lebih efektif dan menghasilkan konten unik yang relevan dengan audiens. Selain itu, dengan menulis untuk niche tertentu, akan dapat mengembangkan hubungan yang lebih pribadi dengan pembaca dan membangun pengikut setia. Sekian dulu tulisan ini dibuat. Dari sahabat Nabi "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu." -- (Ali bin Abi Thalib). Selamat malam. Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul 10 Tips Menulis Konten Unik Blog Menghadapi Gempuran AI . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon