09 October 2023

Apakah Hosting Mempengaruhi Faktor SEO di Search Engine?

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Apakah Web Hosting Mempengaruhi SEO di Search Engine?
SEO SEO atau Search Engine Optimization adalah proses mengoptimalkan website agar berada di posisi atau peringkat teratas di halaman hasil pencarian mesin telusur (Search Engine Results Pages | SERP). Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi SEO seperti konten yang berkualitas, keyword yang tepat, backlink yang berkualitas, kecepatan website dan lain sebagainya. Kemudian ada pertanyaan, apakah web hosting juga dapat mempengaruhi SEO secara signifikan?

Apakah web hosting berpengaruh pada SEO tidak banyak dibahas, namun penempatan website pada web hosting dapat mempengaruhi peringkat, lalu lintas, dan konversi secara signifikan. Search Engine Crawler atau Spider Googlebot atau Bingbot tidak peduli web hosting mana yang kalian gunakan, tetapi faktor seperti uptime, keamanan, kecepatan muat halaman web dipengaruhi oleh server hosting yang digunakan.

Mengapa SEO Penting?

Bagaimana kalian mencari informasi di internet? Kalian pasti akan membuka web browser seperti Google Chrome, mengetikkan kata kunci (keyword) yang relevan dengan informasi yang dicari dan kemudian menekan tombol keyboard Enter, begitu bukan? Mesin pencari Google selanjutnya menampilkan daftar website yang kontennya berisi informasi yang relevan dengan keyword di halaman hasil pencarian mesin telusur (SERP) yang telah kalian ketikkan tadi.



Contoh bila kalian menjual produk makanan melalui website. Ada banyak website yang juga menjual produk makanan sejenis. Ada orang-orang di luar sana sedang mencari produk makanan kalian. Orang-orang tersebut menggunakan web browser untuk mendapatkan informasi terkait produk makanan kalian itu. Produk makanan kalian dan produk makanan dari website lain mesti bersaing untuk bisa muncul di posisi atas di halaman pertama hasil pencarian mesin telusur (search engine).

Untuk bisa muncul di halaman hasil pencarian mesin telusur, halaman web produk makanan kalian perlu dirayapi dan diindeks terlebih dahulu oleh Search Engine Crawler atau Spiderbot. Sedangkan peringkat atau posisi teratas di halaman hasil pencarian ditentukan oleh algoritma search engine dengan mempertimbangkan struktur dan kualitas konten produk makanan serta faktor-faktor yang lainnya.

SEO sangat penting untuk membantu halaman web produk makanan kalian masuk ke halaman hasil pencarian mesin telusur. Ketika dilakukan dengan tepat dan benar, SEO dapat membantu website kalian berada di posisi atau peringkat atas di halaman pertama hasil pencarian sehingga dapat dilihat dan kemungkinan besar akan diklik. Visibilitas dan reputasi website kalian akan menjadi lebih baik dari para pesaing kalian.

Pengaruh Web Hosting Pada SEO

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, web hosting tidak banyak dikaitkan sebagai faktor SEO, tetapi menjadi salah satu yang penting karena untuk beberapa hal. Dibawah ini adalah ulasan singkatnya.



1. Kecepatan website

Google telah mengumumkan bahwa kecepatan website sebagai faktor peringkat, baik yang diakses melalui desktop maupun seluler. Waktu pemuatan halaman website yang cepat memiliki rasio konversi seperti klik iklan, pembelian produk, pengisian form dan lain sebagainya lebih tinggi. Halaman website yang dimuat lambat menyebabkan rasio pentalan (bounce rate) tinggi. Pengunjung (visitor) menjadi tidak sabar dan meninggalkan website kalian untuk beralih ke website pesaing.

Memilih web hosting yang berkualitas dan berperforma tinggi dapat memberi pengaruh pada halaman website bisa dimuat cepat dan pada akhirnya memiliki peringkat yang baik di SERP. Oleh karena itu, kalian perlu memastikan bahwa web hosting yang digunakan berfokus pada kinerja dan mengakomodir kebutuhan website. Dengan performa maksimal dari web hosting, kecepatan website juga akan teroptimasi dengan baik.

2. Server downtime

Server downtime artinya server web hosting yang tidak berfungsi, tidak bekerja atau mati. Jika website berada di server yang sedang tidak berfungsi atau mati, maka website tidak dapat diakses. Server downtime sangat merugikan. Maka kalian berpotensi kehilangan konversi seperti klik iklan, penjualan produk, pengisian form dan lain sebagainya. Ini dapat mengecewakan pelanggan atau pengunjung. Mereka beranggapan website kalian tidak dapat diandalkan dan kemungkinan tidak akan kembali lagi.

Server downtime juga mempengaruhi SEO. Karena website tidak dapat diakses akibat dari server downtime, search engine crawler tidak dapat merayapi URL atau halaman website. Halaman website baru akan dideindeks (deindexed) untuk sementara waktu. Halaman website yang belum diindeks tidak muncul di halaman hasil pencarian mesin telusur. Jika server downtime sering terjadi, search engine crawler menjadi semakin jarang merayapi website (crawl budget).

3. Lokasi server

Lokasi server menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih web hosting. Kalian sangat perlu mengetahui dimana saja lokasi server dari penyedia layanan web hosting. Adakah lokasi server yang dekat dengan mayoritas pengunjung website kalian? Memilih server yang terletak dekat dengan mayoritas pengunjung berpengaruh pada kecepatan website yang lebih baik. Contoh kalian membuat website portal berita berbahasa Indonesia, memilih server yang berlokasi di Indonesia menjadikan halaman website dimuat lebih cepat.

Lokasi server website juga menjadi pertimbangan search engine menentukan hasil pencarian paling relevan. Setiap website memiliki IP unik sesuai lokasi geografis. Jika lokasi server dekat atau sama dengan geografis pengunjung (visitor), maka Google dapat dengan mudah mengarahkan pengunjung ke website kalian. Google lebih suka mengaitkan pengunjung lokal dengan website di area yang sama.

4. Keamanan

Sistem keamanan web hosting menjadi salah satu pertimbangan penting. Kalian perlu memilih web hosting yang memiliki keamanan baik seperti proteksi malware, enskripsi HTTPS aktif, dan masih banyak lagi lainnya. Keamanan website telah menjadi prioritas Google. Google sendiri menyatakan bahwa HTTPS menjadi salah satu sinyal pemeringkatan, meskipun diklarifikasi sebagai sinyal pemeringatan "ringan". Namun, ini jangan dianggap bahwa HTTPS bukan sesuatu yang menjadi prioritas.

HTTPS memiliki keunggulah keamanan dan kecepatan sehingga halaman website dapat dimuat lebih cepat, aman, dan juga hemat bandwith. Persepsi pengunjung terhadap keamanan website menjadi meningkat. Pengunjung (visitor) tidak perlu ragu memasukkan data pada formulir online ketika melakukan transaksi. HTTPS menggunakan teknologi HTTP/2 (HTTP versi 2). Web browser modern seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox hanya membolehkan penggunaan HTTP/2 melalui HTTPS.

5. Jenis web hosting

Ada beberapa jenis web hosting yang bisa kalian pilih dan gunakan seperti free web hosting, shared web hosting, Virtual Private Server (VPS), dedicated web hosting, cloud web hosting dan managed web hosting. Yang manapun pilihannya, kalian akan mendapatkan sumber daya dan fitur berbeda yang dapat mempengaruhi SEO. Oleh karena itu, cukup penting mengetahui jenis web hosting sebelum menentukan pilihan.

Sebagai contoh, kalian menggunakan shared web hosting. Di dalam server yang sama terdapat banyak website, tidak hanya website kalian. Semua website harus berbagi sumber daya server. Jika website kalian berbagi server dengan banyak website lain, maka performanya akan menurun saat terjadi lonjakan lalu lintas dan ini berdampak negatif pada SEO. Penurunan performa dapat dihindari seandainya menggunakan Virtual Private Server (VPS) atau dedicated web hosting.

6. Dukungan teknis

Meskipun kalian memilih penyedia layanan hosting (web hosting provider) dan jenis web hosting yang bagus, ini tidak menjamin website terus berjalan baik. Seiring waktu, website bisa saja tidak dapat diakses karena masalah pada web hosting seperti server downtime dan kinerja tidak terduga lainnya. Semua masalah ini dapat berpengaruh pada SEO. Di sinilah, dukungan teknis dari penyedia layanan web hosting diperlukan.

Pastikan penyedia layanan web hosting memberikan dukungan teknis 24 jam penuh dengan teknisi yang handal dan mumpuni. Layanan seperti ini bisa kalian dapatkan di NIAGAHOSTER. Kalian dapat meminta bantuan atau melaporkan masalah yang dialami melalui chat atau obrolan. Semakin cepat masalah pada web hosting ditangani, semakin cepat website kalian bisa diakses kembali sehingga pengaruh negatif pada SEO dapat diminimalkan. Oke sekian saja yang dapat saya tuliskan. Selamat malam. Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Apakah Hosting Mempengaruhi Faktor SEO di Search Engine? . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon