30 July 2023

Memadukan HTML dan CSS dalam Pemrograman Website Modern

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Memadukan HTML dan CSS dalam Pemrograman Website Modern
PADUAN antara bahasa program HTML dan CSS di zaman yang serba canggih sekarang merupakan terobosan besar dalam dunia internet khususnya untuk mendesain sebuah website supaya berkesan profesional. Kehadiran HTML5 dengan banyak fitur baru, namun juga menghilangkan beberapa fitur yang ada di HTML versi sebelumnya. Sudah menjadi mahfum di dunia industri internet, bahwa dengan update terbaru, maka tidak salah bila menghapus versi sebelumnya atau memperbaharuinya sesuai dengan keadaan sekarang.



Dalam sebuah website, HTML mempunyai peran untuk menentukan struktur dan tipe konten yang terdapat didalamnya seperti paragraf, heading, list, image, canvas dan multimedia, sedangkan CSS berperan menentukan tampilan laman web seperti background, margin, warna, font-family, alignment dan sebagainya. Dari kedua bahasa pemrograman ini, nantinya akan saling terkait satu sama lain dan mendukung satu sama lainnya untuk menampilkan pesona website yang keren.

Bahasa pemrograman CSS tidak terlalu tergantung pada HTML dan dapat digunakan dengan bahasa markup berbasis XML apa pun itu. Dalam penerapannya, CSS dapat disertakan langsung di dalam file HTML dan dapat pula diletakkan di dalam file secara terpisah atau berdiri sendiri. CSS sebagai file terpisah lebih disukai karena dapat digunakan di lebih dari satu file HTML dan menjadikan tampilan halaman web (web page) lebih seragam atau tidak monoton itu-itu saja.



Di kemudian hari, apabila CSS disertakan langsung ke dalam file HTML, maka menjadi lebih sulit ketika melakukan perubahan pada tampilan website yang sedang dalam proses pembuatan. Terlebih lagi bila perubahan terjadi pada banyak file HTML. Dibawah ini adalah bentuk Hubungan antara HTML dan CSS dimana sebuah file HTML menentukan konten web dan file CSS berfungsi untuk memperindah tampilannya kemudian.

HTML

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>CSS dan HTML</title>
</head>
<body>
<h1>API dan Java</h1>
<p>Pada tiap-tiap bahasa pemrograman pastilah memiliki syntax penulisannya sendiri. Apabila kita mengabaikan tata cara dan aturan tersebut, komputer pasti tidak akan bisa mengenali dan mengerti kode program yang ditulis. Spesifikasi pada bahasa Java adalah definisi teknis bahasa Java yang memuat syntax dan semantik. Spesifikasi bahasa Java dan API <em>(Application Program Interface)</em> Java menetapkan standar itu.</p>
<p>API Java memuat kelas <em>(class)</em> dan interfes <em>(interface)</em> yang digunakan guna membuat dan mengembangkan program Java. Spesifikasi bahasa Java relatif tidak akan berubah, tetapi API Java akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Kita dapat mengunduh versi terbaru Java (J2SE) serta dapat memperbaharui API Java di situs resminya.</p>
</body>
</html>


Ketika sudah ditambahkan file CSS di dalamnya. Maka akan menjadi semakin menarik.

CSS

body {background-color: #f9fab0}
h1 {font-size: 25px; color: #f73110; text-align: center}
p {color: #1807bd; font-family: "Tahoma"; font-size: 12px}


Jadinya akan seperti ini ketika ditampilkan pada HTML dan CSS di Blogspot.





Cukup segitu dulu ya teman-teman. Besok lain waktu kita akan mempelajari yang lain dan tentu saja kita akan menggali ilmu lebih banyak lagi. Jangan lupa untuk tetap membagi waktu lho ya, jangan sampai kegiatan ngeblog kamu mengganggu aktivitas utama harian kamu.

Seperti ungkapan ini ya "Tak ada waktu untuk mengeluh. Bangun sekarang dan hadapilah segala masalah!" tidak ada gunanya kita mempermasahkan kesulitan hidup, karena itu merupakan ujian agar kita lebih siap nanti kedepannya. Tantangan semakin berat ke depan. Bila kita tidak membekali dengan ilmu, bukan tidak mungkin posisi kita akan tergeser oleh waktu yang akan terus maju dan tak akan pernah mundur. Jadi siapkan dari sekarang teman-teman. Selamat malam. Waktunya tidur dan istirahat. Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Memadukan HTML dan CSS dalam Pemrograman Website Modern . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon