21 August 2022

Cara Memperbaiki Custom Contact Us Blogger Tidak Dapat Kirim Pesan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Memperbaiki Custom Contact Us Blogger Tidak Dapat Kirim Pesan

CONTACT US beberapa waktu yang lalu sempat mengalami error. Pada bagian Halaman Statis Blog Contact Us Tidak Dapat Mengirim Pesan. Hal ini tentu saja membuat panik beberapa blogger yang mengalaminya, karena otomatis tidak dapat mengirim pesan ke pemilik blog melalui Contact Us halaman statis tersebut. Hal itu berlangsung cukup lama, dan waktu itu belum dapat cara untuk mengatasinya.

Web ini juga mengalami hal serupa pada permasalahan diatas. Pada halaman contact us tidak dapat mengirim pesan. Ketika mengetikkan pesan, pesan itu hanya kelihatan berupa tulisan "Sending ..." tanpa hasil akhir pengiriman. Tentu saja sempat merasa kebingungan dengan yang terjadi. Karena sebelumnya baik-baik saja, dapat mengirim pesan. Sekali klik send, pesan akan terkirim ke email. Kenapa sekarang tidak.

Saya menemui hal buntu, berharap contact us ini dapat berjalan lancar seperti sedia kala tanpa ada hambatan yang berarti. Karena bila tidak segera diperbaiki, maka visitor yang akan mengirim pesan ke kita tidak akan pernah sampai. Meski bisa saja sih dengan mengirim pesan lewat komentar. Dan hal itu juga bisa dilakukan. Tapi ada hal yang merasa janggal dan tidak semestinya bila form kontak tidak dapat bekerja dengan baik.



Sampai beberapa hari, saya belum menemukan cara yang dapat mengatasi hal itu. Ketika menemukan cara, gagal dan gagal lagi. Belum ada yang dapat memperbaiki custom contact us ini dengan baik. Memang, agak sulit, karena sepertinya kendalanya ada pada pihak Blogger yang sedang melakukan perubahan algoritma untuk form contact us di platformnya. Dan serta merta penggantian kode-kode yang tersisip di dalam form contact blogger bawaan. Dan kode itu tersimpan dalam https://www.blogger.com/static/v1/widgets/2271878333-widgets.js. Nah sepertinya kode didalam inilah yang berubah.

Maka untuk dapat menjalankan dengan baik form contact us nya, kita dapat melakukan cara sebagai berikut. Cara ini bisa dikatakan manjur, karena saya sudah mencobanya dan berhasil dengan baik. Form contact us dapat mengirim pesan ketika diklik. Agak lumayan ribet nanti caranya karena kita akan mengubrek isi template blog. Dimana dalam template tersebut terdapat property #FormContact.

Memperbaiki Custom Contact Us Error Tidak Dapat Kirim Pesan


1. Masuk ke Tata Letak dan pastikan kalian pilih Contact Form.
Contact form ini harus diaktifkan ya, karena kalau tidak diaktifkan, form kontak tidak dapat berjalan.

2. Setelah itu kita langsung masuk saja ke template ya, saya kira kalian sudah tahu template HTML itu berada. Disitu sisipkan kode ini dibawah kode :
]]></b:skin>
<style>

#navbar-iframe,#ContactForm1,#ContactForm1 br,.quickedit,#Attribution1 {display:none;visibility:hidden}
.status-msg-body, .status-msg-border {display:none;}

Jadinya akan seperti ini :
]]></b:skin>
<style>
#navbar-iframe,#ContactForm1,#ContactForm1 br,.quickedit,#Attribution1 {display:none;visibility:hidden} .status-msg-body, .status-msg-border {display:none;}


3. Terus diatas kode </head> sisipkan kode dibawah ini ya :
<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.3.1/jquery.min.js'/>


4. Terus masih di template ya, temukan kode </body> dan tempelkan kode dibawah ini diatas kode </body> tadi.
<script src='https://www.blogger.com/static/v1/widgets/2271878333-widgets.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
if (typeof(BLOG_attachCsiOnload) != 'undefined' && BLOG_attachCsiOnload != null) { window['blogger_templates_experiment_id'] = "templatesV1";window['blogger_blog_id'] = '7342017194742683056';BLOG_attachCsiOnload(''); }_WidgetManager._Init('//www.blogger.com/rearrange?blogID\x3d1461495336638126730','//www.alifacode.com/','1461495336638126730');
_WidgetManager._RegisterWidget('_ContactFormView', new _WidgetInfo('ContactForm1', 'footer1', null, document.getElementById('ContactForm1'), {'contactFormMessageSendingMsg': 'Sending...', 'contactFormMessageSentMsg': 'Your message has been sent.', 'contactFormMessageNotSentMsg': 'Message could not be sent. Please try again later.', 'contactFormInvalidEmailMsg': 'A valid email address is required.', 'contactFormEmptyMessageMsg': 'Message field cannot be empty.', 'title': 'Contact Form', 'blogId': '1461495336638126730', 'contactFormNameMsg': 'Name', 'contactFormEmailMsg': 'Email', 'contactFormMessageMsg': 'Message', 'contactFormSendMsg': 'Send', 'submitUrl': 'https://www.blogger.com/contact-form.do'}, 'displayModeFull'));
//]]>
</script>


5. Untuk kode <HTML expr:dir='data:blog.languageDirection'> atau <HTML> ganti saja dengan kode dibawah ini :
<html>


6. Untuk penutup kodenya yang berupa </HTML> ganti juga dengan kode ini ya :
</html>


Catatan :
Untuk angka 1461495336638126730 adalah ID blog kalian yang bisa dicari di Dashboard Blogger, nanti akan tertera seperti ini : https://www.blogger.com/blog/posts/1461495336638126730 Nah itu yang digaris bawahi yang dimaksud. Sudah tahu khan? Terus yang ada tulisan //www.alifacode.com/ ganti dengan URL blog kalian.


Nah sudah sampai penghujung acara, sudah itu saja kok yang mesti kita lakukan. Gampang khan. Tidak sulit, asal kalian baca dengan teliti terus dipraktekkan pasti bisa. Jangan lupa back up template kalian ya. Supaya nanti kalau ada kesalahan pada edit template, akan bisa segera dikembalikan seperti semula. Setiap saya membaca, ada ilmu yang terserap. Ilmu itu luas. Seperti samudera. Tidak ada yang tidak dapat dilampaui dengan ilmu. Karena dengan ilmu, kita akan terlihat kaya. Karena ilmu, semua hal bisa terlaksana. Salam blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Cara Memperbaiki Custom Contact Us Blogger Tidak Dapat Kirim Pesan . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon