24 July 2022

Cara Membuat Variasi Tulisan di Postingan Blog yang Baik dan Benar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Alifacode | Cara Membuat Variasi Tulisan di Postingan Blog

VARIASI TULISAN selamat datang. Ini adalah postingan pertama saya di blog ini. Baru pertama kali ini saya mencoba berbagi ilmu tentang otak-atik blog. Tentunya masih terbilang ringan. Belum seperti para master blogger yang sudah malang melintang di dunia maya. Dan apabila ada kesalahan tulis atau tulisan yang dianggap copas, saya memohon maaf.

Karena sebenarnya saya hanya berbagi ilmu dan bisa saling mengkoreksi bila terdapat kesalahan. Karena manusia memang gudangnya salah, dan orang lainlah yang mengingatkannya.

Seperti quotes of the day ya. Sekarang kita akan mulai mencoba untuk membuat Variasi Tulisan di Postingan Blog. Bila berbicara soal tulis menulis di postingan blog khususnya, memang tidak bisa terlepas dari variasi tulisan. Supaya apa? Supaya tulisan itu tidak monoton dan kesannya itu-itu saja.



Karena dengan penebalan tulisan, tulisan yang dibuat miring, dan tulisan underline itu akan semakin menguatkan apa maksud dari aksen itu. Entah itu tulisan : TEBAL, miring dan bergaris bawah. Okelah, sekarang mari kita coba ya.

DAFTAR ISI Pertama :
Masuk ke Dashboard Blog kalian
Cari menu Postingan Baru
Kemudian klik Tampilan HTML
Gambarnya seperti ini :

Cara Membuat Variasi Tulisan di Postingan Blog

Cara Membuat Variasi Tulisan di Postingan Blog

Perhatikan tanda panah : NB - jangan sampai keliru ke Tampilan Tulisan karena nanti kodenya tidak akan bisa jalan. Kalau sudah diklik Tampilan HTML kemudian bubuhkan kode dibawah ini
Silakan disimak

Format HTML untuk Huruf Tebal

<strong>Isikan kata-kata kamu yang akan diBold</strong>

Format HTML untuk Huruf Miring

<em>Isikan kata-kata kamu yang akan dibuat Miring</em>

Format HTML untuk Huruf Bergaris Bawah

<u>Isikan kata-kata kamu yang akan Digaris Bawah</u>

Format HTML untuk Huruf dicoret

<strike>Isikan kata-kata kamu yang akan Dicoret</strike>


Bila semua kode yang ada kita campurkan jadi satu apakah bisa? Pertanyaan yang bagus. Bisa jawabannya. Sekarang kita lakukan bareng-bareng ya nanti hasilnya seperti apa? Saya kira akan menarik. Karena huruf tebal, miring, bergaris bawah dan dicoret menjadi satu dan dibungkus dalam satu kode. Ayo kita mulai :

Tebal, Miring, Bergaris Bawah dan Dicoret

<strong><em><u><strike>Isi Tulisan Kamu Yang Akan di Bold, Miring, Garis Bawah dan DiCoret</strike></u></em></strong>

Nah teman-teman sudah bisa khan mengikuti tutorialnya. Silakan dipraktekkan Cara Membuat Variasi Tulisan di Postingan Blog Mudah kok asal bacanya pelan-pelan dan langsung praktekkan.

Oh iya kenapa ya kok di postingan blog mesti ada format seperti di atas :
Yuk segera kita kupas fungsi dari Bold Miring Bergaris Bawah yang ada di artikel postingan ini

Fungsi dari Huruf Tebal Menurut PUEBI

1. Huruf tebal disini huruf yang dicetak tebal atau tidak seperti huruf pada biasanya. Dengan penebalan pada sebuah kalimat maka kalimat tersebut menjadi sebuah penegasan dari sang penulis.

2. Ini berarti ketika akan menegaskan sebuah kata atau kalimat, maka penebalan kata / kalimat (bold, red) menjadi sebuah keharusan. Misal pada Judul, Sub Judul, Nama -- Perusahaan, Tempat, Orang -- termasuk.

Baca Juga : Cara Membuat Gambar Bisa Berjejer kesamping di Postingan agar Rapi

3. Sehingga dengan demikian kita harus berhati-hati menggunakan kalimat tebal sehingga tidak terjadi pembiasan makna yang malah akan membawa makna yang berbeda dari sebuah penegasan.

4. Peran huruf tebal diatur ke dalam Peraturan Menteri Pendidikan RI No : 46 Tahun 2009, Tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Setelah itu, penggunaannya disempurnakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No : 50 Tahun 2015 Tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia atau PUEBI. Huruf tebal digunakan untuk menegaskan bagian tulisan yang sudah ditulis miring.

Fungsi dari Huruf Miring Menurut PUEBI

1. Huruf miring pada cetakan dipakai guna menuliskan sebuah nama buku, majalah serta surat kabar yang dikutip ke dalam tulisan.

2. Dipakai untuk menegaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, kata, atau kelompok kata.

3. Huruf miring pada cetakan dipakai guna menuliskan nama ilmiah atau ungkapan yang asing.

Fungsi dari Huruf Bergaris Bawah Menurut PUEBI

1. Hakikat Garis bawah atau dalam bahasa inggrisnya underline yaitu garis yang ditempatkan di bawah kata atau kalimat. Menurut KBBI, garis bawah yaitu garis yang dibuat di bawah tulisan (huruf, kata, kalimat, dan sebagainya) guna menyatakan bahwa kata (kalimat dan sebagainya) yang diberi garis itu sangatlah penting.

2. Fungsi garis bawah belum dijelaskan secara khusus dalam Tata Bahasa Indonesia, namun berada pada keterangan fungsi huruf tebal dan huruf miring.

Baca Juga : Cara Membuat Background Posting Menjadi Berwarna-warni

2. Dengan demikian, fungsi garis bawah sudah diganti dengan penggunaan huruf tebal dan penggunaan huruf miring dan hanya berlaku pada tulisan tangan atau mesin tik manual.

Sekian yang dapat saya bagikan dari artikel yang berjudul Cara Membuat Variasi Tulisan di Postingan Blog semoga bermanfaat. Happy Blogging. :)

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Cara Membuat Variasi Tulisan di Postingan Blog yang Baik dan Benar . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon