31 July 2022

Mengatasi Item Kesalahan Pengalihan pada Blog di Search Console

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Mengatasi Item Kesalahan Pengalihan pada Blog di Search Console

KESALAHAN PENGALIHAN bisa saja terjadi pada blog. Dalam uraian yang dijabarkan oleh Search Console atau dulu namanya Web Master, dua tools ini semuanya milik Google cuma beda nama. Kesalahan pengalihan tersebut terjadi karena tumpang tindih URL yang dicrawl oleh robot AI search engine. Sehingga kesalahan crawl oleh robot AI ini mengakibatkan search engine kebingungan menentukan URL utama mana yang akan dicrawl sebagai prioritas utama.

Blog ini juga pernah mengalami kesalahan pengalihan yang mengakibatkan jatuhnya index di search engine. Situasi ini diperparah dengan adanya artikel yang tidak terlihat di search engine meski sudah mengetikkan URL utuh. Pada permasalahan ini bermula pada artikel yang menurut saya masih asal-asalan membuatnya dan tidak mengikuti kaidah atau aturan yang semestinya.

Sejauh pengamatan saya, dulu pas masih memakai domain blogspot, aman-aman saja. Tetapi setelah saya ganti ke domain TLD, permasalahan Kesalahan Pengalihan ini muncul begitu saja. Dan saya mulai meneliti ternyata salah satunya alamat URL masih memakai HTTP bukannya HTTPS, padahal standar penggunaan alamat URL website adalah menggunakan HTTPS karena lebih aman.



Kemudian saya mulai mencari-cari cara lainnya lewat keterangan lebih lanjut seperti yang telah diutarakan oleh Google Search Console. Disitu tertera halaman mempengaruhi halaman 1 sehingga blog saya masih tenggelam di antara berjuta-juta artikel milik blogger lain. Sehingga saya pun mulai mengedit postingan. Memang agak rumit juga dalam penerapannya. Tidak semudah tutorial yang bersliweran di search engine.

Kalian juga pernah mengalami hal yang sudah pernah saya alami ini juga khan? Sangat tidak menyenangkan karena problema yang sulit dan memang susah dipecahkan dalam prakteknya. Tetapi dengan ketelatenan bukan hal yang tidak mungkin dilakukan karena google juga sudah memberikan clue atau petunjuk cara mengatasinya. Tinggal kita praktekkan dengan hati-hati karena kesalahan sedikit saja bisa saja fatal akibatnya.

Mengatasi Item Kesalahan Pengalihan pada Blog di Search Console

Caranya diantaranya sebagai berikut ya :

1. Ubah postingan menjadi draft

2. Ubah tanggal publikasi menjadi otomatis

3. Ubah permalink URL blog

4. Buat deskripsi blog

Jika kalian masuk ke postingan pasti di sebelah kanan itu ada beberapa item penggunaan ya khan? item itu yakni :

Setelan Entry

yang terdiri dari :

1. Label

Label ini diisikan dengan label sesuai artikel yang kamu tulis. Misal disitu terdapat artikel tentang memasak maka labelnya bisa diberi Memasak Sayur atau Memasak Daging. Dan lain sebagainya untuk mengelompokkan jenis dari artikel yang kita buat.

2. Dipublikasikan

Pada item menu ini dimana terdapat hari, bulan dan tahun terbitnya artikel beserta jam berapa artikel di publikasi.

3. Permalink

Nah ini yang dimaksud dengan link permanen dan sesuai standar SEO. Karena dalam permalink ini adalah memberikan URL secara utuh tidak secara otomatis muncul ketika kita selesai mempublikasikan artikel. Contoh :
a. Tanpa permalink : https://www.anu.com/2022/01/cara-membuat-menu-makanan-pisang.html
b. Dengan permalink : https://www.anu.com/2022/01/cara-membuat-menu-makanan-pisang-goreng-yang-lembut-dan-renyah.html
Coba bedakan keduanya. Sangat beda khan? nah itu maksud dari permalink. Jadi setiap kalian membuat artikel langsung diubah ke permalink ya untuk mendapatkan skor SEO yang baik di google penelusuran.

4. Lokasi


5. Deskripsi penelusuran

Di menu item ini diisikan deskripsi singkat tentang artikel yang telah dibuat supaya nantinya bot crawl langsung mudah mengeksekusi URL yang sudah masuk ke sitemap search console.

6. Opsi


Nah itu dia sudah saya jabarkan. Semoga membantu. Supaya blog kalian sehat lagi dan dapat terindex dengan sempurna di search engine sehingga nantinya bermanfaat bagi orang banyak. Dan setidaknya berguna bagi blogger lain yang menemukan permasalahan yang sama. Semoga terbantu dengan artikel yang telah saya tulis. Karena ini tulisan saya pribadi dan berdasarkan pengalaman saya selama saya ngeblog. Sebenarnya banyak ditemukan banyak sekali permasalahan yang saya terima baik itu lewat search console maupun lewat email. Nanti bila ada waktu saya akan memberikan tutorialnya lagi dengan permasalahan yang lain. Selamat blogging. Dan tentukan hasilmu. Ciaooo

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Search Console

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Mengatasi Item Kesalahan Pengalihan pada Blog di Search Console . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon