07 August 2022

Cara Cepat Membuat Blog dari Awal untuk Pemula

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Cara Cepat Membuat Blog dari Awal untuk Pemula

BLOG PEMULA Blog adalah sebuah website yang berisikan konten berupa artikel, aplikasi, gambar dan bisa juga tutorial. Website ini biasanya dimiliki oleh perseorangan dalam artian milik pribadi. Dan pada awal berdirinya, blog itu kebanyakan diisi dengan tema yang tidak jauh dari kata pengalaman pribadi dan curhatan hati pemilik blog itu sendiri. Sehingga blog bisa diartikan sebagai diary online yang tersebar di dunia maya.

Untuk membuat sebuah blog sebetulnya tidak terlalu sulit dan bisa dikatakan mudah. Karena kalian tinggal menyiapkan akun eMail, dan biasanya gmail, yang nantinya akan digunakan untuk mendaftar di penyedia website gratis. Disini akan saya bahas untuk blogger. Sebuah layanan website gratis milik raksasa teknologi dunia Google.Inc.



Sebenarnya ada banyak penyedia website gratisan di dunia maya yang tersebar, tetapi yang cukup terkenal dan populer di kalangan kita adalah Blogspot dan Wordpress. Keduanya memiliki penggemar yang tidak terhitung jumlahnya karena banyaknya. Rata-rata mereka yang hobi menulis bisa dipastikan membuat blog dengan salah satu platform yang sudah tertulis sebelumnya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kembali lagi ke Blogspot. Bagaimanakah cara membuat blog yang baik dan nantinya bisa bermanfaat buat pengguna. Mari kita bahas bersama disini. Dengan rangkuman yang mudah. Meski pembuatan blog disaat ini juga sangat mudah, kita tidak perlu melakukan sendiri dalam editing blog. Kita bisa menyewa layanan pembuatan atau jasa seseorang yang melayani pembuatan blog, kalian tinggal pilih saja. Dan biasanya layanan ini juga menawarkan program berbayar berupa domain dan hosting.

Okelah mulai saja ya.

1. Siapkan akun gmail.
Kalian bisa daftar di gmail.com. Disitu isikan bidata diri kamu. Yang terpenting adalah pembuatan Username dan Password untuk masuk layanan email tersebut. Username misal : abcde dan Password misal 123. Nanti masuknya menggunakan username dan password itu.

2. Bila sudah langsung saja kalian masuk ke blogger.com
Disini kita masuk menggunakan akun email barusan. Kemudian setelah masuk ke dalamnya langsung menuju ke Dashboard blogger. Disitu isikan saja Judul blog terus isikan juga URL blog misal : abc.blogspot.com Nah nantinya URL inilah yang akan menjadi identitas atau nama blog kita ketika sudah terindex di search engine.

3. Lalu mulailah menulis di menu : Postingan Baru.
Cara menulis disini biasa saja menggunakan Tata Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Terus Publikasikan

Atau cara mudahnya seperti ini :

Membuat blog :
1. Login ke Blogger
2. Di sebelah kiri, klik Panah bawah
3. Klik Blog
4. Masukkan nama Blog
5. Klik berikutnya
6. Pilih URL atau alamat Blog
7. Klik Simpan



Nah itu dia cara membuat blog yang dapat saya berikan.

Sekarang kita beranjak untuk memahami seluk-beluk Dashboard Blogger
Ketika kita pertama kali membuat halaman blog. Pastilah akan menuju halaman Panel. Dalam panel inilah terdapat beberapa elemen yang berfungsi sebagai pembangun sebuah blog. Elemen-elemen itu saling terkait satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Sekarang kita bahas saja elemen seperti apa itu dan kita beri penjelasannya masing-masing.

1. Postingan

Postingan adalah elemen untuk tempat artikel yang telah kita tulis. Dalam elemen postingan terdapat Postingan Baru. Guna Postingan Baru adalah menambahkan artikel baru yang akan diposting atau dipublikasikan. Sesuai Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun artikel itu diterbitkan. Dalam Postingan terdapat beberapa unsur yaitu Sisipkan Gambar, Sisipkan Link dan Sisipkan Video sehingga bila kalian ingin membubuhkan salah satunya tinggal upload lewat unsur itu. Kemudian ada juga tanda Bold, Miring dan Coret. Yang utama adalah Pemberian Judul dan Artikel didalamnya.

2. Statistik

Disini kita bisa melihat berapa jumlah visitor yang mengunjungi blog kita setiap harinya. Dengan demikian kita akan tahu bila, kemungkinan visitor sepi maka kita harus melakukan optimasi blog. Salah satunya dengan mengoptimasi SEO. Dengan ini statistik pengunjung akan menjadi stabil lagi dan naik perlahan.

3. Komentar

Bagian komentar adalah salah satu bagian dari Blog untuk memberikan komentar atas artikel yang telah kita buat. Komentar dari pengunjung sangat diperlukan oleh kita sebagai saran dan kritik yang membangun. Karena biasanya para pengunjung lebih teliti dari pada kita. Dan juga dengan komentar, maka pengunjung dapat memberikan ulasan sedikit tentang artikel yang telah kita buat.

4. Penghasilan

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu. Bab penghasilan. Siapa yang tidak suka blognya memiliki penghasilan tetap. Pasti semua suka iya khan? Dari Penghasilan ini akun blog kita ditautkan dengan Adsense selaku pihak pengiklan untuk memasang iklan pada halaman blog kita. Pasti suka ya kalau tiap bulan gajian. Untuk itu kalian harus mendaftar adsense dulu ya.

5. Halaman

Berikutnya adalah elemen Halaman. Dari Halaman ini kita bisa membuat halaman penting untuk identitas blog. Halaman itu meliputi About, Contact, Disclaimer, TOS dan Privacy Policy kesemuanya mengandung identitas dari blog kita. Tapi sayang, elemen Halaman ini tidak dapat ditampilkan tanpa Hyperlink, sehingga bila ingin ditampilkan seperti layaknya Postingan maka harus diberikan Hyperlink.

6. Tata Letak

Tata Letak adalah unsur yang adalam bagian Dahboard Utama Blog. Disini tersedia bermacam-macam item mulai Tambah Halaman HTML/Javascript, Gambar, Link, Label dan sebagainya. Kalian siap-siap pelajari apa saja yang ada disitu.

7. Tema

Tema adalah tempat template sebagai bagian utama dari tampilan blog ketika kita browsing lewat browser. Dari template inilah desain blog akan terlihat apik. Karena tanpa template atau kerangka, maka sebuah blog tidak dapat dibuat dan juga akhirnya tidak dapat tampil di browser. Di dalam template ini terdapat jutaan coding yang nantinya akan kalian utak-atik sendiri untuk mendapatkan tampilan yang sesuai dengan selera kalian sendiri. Bisa diedit bagian Header, Main Wrapper, Sidebar, Footer dan Navigasi.

8. Setelan

Setelan terdapat bermacam-macam deskripsi di dalamnya. Diantaranya Ads TXT, Deskripsi Blog, Bahasa dan lain sebagainya. Silakan lihat satu persatu dan pelajari juga bagaimana penggunaannya karena ada beberapa item dari setelan yang sangat vital dan tidak boleh sembarangan kita edit seperti Aktifkan ads.txt kustom, Aktifkan robots.txt kustom, Aktifkan tag header robot kustom.

9. Daftar Bacaan

Disini kita bisa membuat daftar bacaan dari blog lain yang kita ikuti. Dengan begitu, kita akan mendapatkan update terbaru dari blog yang sudah kita follow dengan melihat dari daftar bacaan dari dashboard blog kita.

Itulah yang dapat saya sampaikan tentang blog. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Cara Cepat Membuat Blog dari Awal untuk Pemula . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon