22 August 2022

Cara Membuat Sitemap untuk Mempercepat Index Google

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Cara Membuat Sitemap untuk Mempercepat Index Google

SITEMAP merupakan halaman yang sangat penting pada sebuah blog. Halaman ini mencakup semua artikel yang ada di blog tersebut. Sehingga dengan melihat Sitemap saja, maka pengunjung atau visitor dapat langsung melihat apa isi artikel dari blog yang sedang dikunjunginya. Daftar artikel semuanya tercantum dalam halaman statis ini. Sehingga ketika kita membuat sebuah blog maka kita perlu Cara Membuat Halaman Sitemap Biar Artikel Cepat Terindex sehingga memudahkah pengunjung.

Coba bayangkan bila kita sebagai pengunjung misalnya dan sedang mengunjungi sebuah blog, pasti kita merasa kebingungan dalam mencari artikel apa saja yang dalam blog tersebut. Sering kali kita malah merasa dipusingkan dengan system navigasi yang tidak jelas mungkin. Atau navigasi menyesatkan. Untuk itu Sitemap (daftar isi, red) merupakan jawaban atas permasalahan itu. Dan dalam Sitemap, terdapat beberapa kategori dari artikel yang sudah tayang dalam sebuah blog.

Halaman Sitemap dalam sebuah blog sangat penting lho ya. Karena halaman ini adalah salah satu halaman wajib yang harus ada, apalagi ketika akan mendaftar ke Google Adsense. Mutlak harus ada. Tidak boleh tidak ada. Karena menurut kabar sih, pakar Tim Google Adsense biasanya melihat Sitemap untuk melihat artikelnya. Selain robot spider yang akan mengcrawl artikel, peran manusia dalam menilai sebuah artikel untuk verifikasi lolos atau tidaknya ke Google Adsense sangatlah penting. Sehingga bisa meminimalisir kesalahan robot spider dalam mengcrawl artikel dalam blog yang didaftarkan ke Google Adsense.



Di web ini juga terdapat Sitemap. Sudah berapa artikel yang tertera disitu. Dari pertama artikel dibuat beberapa bulan silam, hingga sekarang telah mencapai ratusan. Lumayan juga artikel banyak terindex di Google penelusuran. Dan peluang untuk dibaca oleh para visitor semakin besar karena artikel kita sudah dapat bersaing dengan artikel yang mungkin membahas hal sama tapi dari blog lain. Tidak dapat sembarangan dalam membuat Sitemap ini, karena nanti bisa saja artikel malah tidak terindex dengan baik.

Untuk itu bagi para blogger yang akan membuat blog, alangkah baiknya segera memikirkan dan membuatkan Sitemap ini ya. Supaya nanti kalian juga langsung bisa melihat atau mereview artikel kalian sendiri lewat halaman ini. Tidak perlu pusing lagi melihat satu per satu dari halaman Postingan dalam Dashboard, tapi bisa langsung menuju ke Sitemap. Buatlah yang responsive juga karena ini dapat menjadi nilai plus, jadi ketika Sitemap kalian terbaca di perangkat HP, maka tampilannya tidak berantakan tapi akan menyesuaikan dengan HP tersebut.

Langsung saja ya kita membuatnya, gampang kok.

Cara Membuat Halaman Sitemap Biar Artikel Cepat Terindex


1. Seperti biasa masuk ke Dashboard Blogger
2. Klik Halaman disitu ada menu Postingan, Statistik, Komentar, Penghasilan, Halaman Nah menu Halaman ini yang kita pilih.
3. Terus tempel kode Sitemap dibawah ini di halaman kosong tersebut. Judul diisi dengan nama Sitemap
Dibawah ini kodenya :
<div id="bp_toc">
</div>
<script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/Alifacode/backupmaster@main/daftar-isi-simple.js" type="text/javascript"></script>
<script src="/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&amp;max-results=99999&amp;callback=loadtoc" type="text/javascript"></script>
<style scoped="" type="text/css">#comments,#Label1,#FollowByEmail1{display:none}#bp_toc{color:#000;margin:0 auto;max-height:686px;overflow:hidden;overflow-y:auto}span.toc-note{margin:0 auto 25px auto;text-align:center;line-height:normal;display:table;position:relative;overflow:hidden;font-size:14px;padding:10px 20px;background:#007bff;background-image:linear-gradient(50deg,#ff4169,#8b41f6);background-size:100%;color:#fff;border-radius:99em;font-weight:500;transition:all .3s}span.toc-note:hover{background-size:200%}.toc-header-col1{padding:10px;background-color:#f5f5f5;width:200px}.toc-header-col2{padding:10px;background-color:#f5f5f5;width:125px}.toc-header-col3{padding:10px;background-color:#fff;width:125px}#bp_toc td.toc-header-col1,#bp_toc td.toc-header-col2,#bp_toc td.toc-header-col3{border:1px solid rgba(0,0,0,0.05);background:#fff}#bp_toc td.toc-header-col1{}#bp_toc td.toc-header-col2{}#bp_toc td.toc-header-col3{}.post td{background:transparent}#bp_toc td.toc-entry-col1,#bp_toc td.toc-entry-col2,#bp_toc td.toc-entry-col3{border:1px solid rgba(0,0,0,0.05)}#bp_toc td a{background:transparent;color:#222;float:none;border-radius:0;padding:0;font-size:100%;display:initial;box-shadow:none}#bp_toc td a:hover{color:#0984e3}.toc-header-col1 a:link,.toc-header-col1 a:visited,.toc-header-col2 a:link,.toc-header-col2 a:visited,.toc-header-col3 a:link,.toc-header-col3 a:visited{font-size:14px;text-decoration:none;color:#aaa;font-weight:500;letter-spacing:0.5px}.toc-header-col1 a:hover,.toc-header-col2 a:hover,.toc-header-col3 a:hover{text-decoration:none}.toc-entry-col1,.toc-entry-col2,.toc-entry-col3{padding:10px 5px;font-size:90%}.toc-entry-col1 a,.toc-entry-col2 a,.toc-entry-col3 a{color:#000}.toc-entry-col1 a:hover,.toc-entry-col2 a:hover,.toc-entry-col3 a:hover{color:#3498db}#bp_toc table{width:100%;margin:0 auto;counter-reset:rowNumber}.toc-entry-col1{counter-increment:rowNumber}#bp_toc table tr td.toc-entry-col1:first-child::before{content:counter(rowNumber);display:inline-block;min-width:38px;margin-right:.7em;background:#fc5c65;color:#fff;border-radius:99em;font-weight:500;text-align:center;font-size:12px;padding:0;line-height:1.7}
#bp_toc td.toc-entry-col1{white-space:nowrap;overflow:hidden;text-overflow:ellipsis;max-width:400px}
#bp_toc::-webkit-scrollbar{-webkit-appearance:none;width:4px;height:5px}#bp_toc::-webkit-scrollbar-thumb{background-color:rgba(0,0,0,.15);border-radius:10px}#bp_toc::-webkit-scrollbar-track{background-color:transparent}#bp_toc::-webkit-scrollbar-thumb:hover{background-color:rgba(0,0,0,.25)}
@media screen and (max-width:768px) {
#bp_toc td.toc-entry-col1{white-space:normal;overflow:visible;text-overflow:initial;max-width:100%}#bp_toc td.toc-header-col2,#bp_toc td.toc-header-col3,#bp_toc td.toc-entry-col2,#bp_toc td.toc-entry-col3,#bp_toc table tr td.toc-entry-col1:first-child::before{display:none}}
</style>


Terakhir klik Publish. Selesai.

Ingat ya, tanpa Sitemap jalan kalian akan buntu. Dan bagaimana ketika kita menemui jalan buntu. Kita tidak dapat menemukan alamat tujuan bukan. Sama juga dengan Sitemap di Blog. Dengan bantuan sebuah peta maka tujuan akhir kalian akan segera tercapai dan bisa sampai tujuan dengan tepat. Sekian saja tutorial yang dapat saya berikan semoga bermanfaat. Salam.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Cara Membuat Sitemap untuk Mempercepat Index Google . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon