13 August 2022

Cara Mudah Melihat Blog Sendiri di Search Engine Google

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Cara Mudah Melihat Blog Sendiri di Search Engine Google

VIEW GOOGLE Cara melihat tampilan blog sendiri di Google Search Engine bisa dengan berbagai cara. Kalian bisa langsung mengetikkan alamat blog kalian ke kolom pencarian dan kemudian klik enter. Maka nantinya kalian akan bisa melihat tampilan blog sendiri di Google Search Engine. Cara mudah dan tidak memerlukan kemampuan khusus, semua orang (blogger,red) bisa melakukannya tanpa terkecuali.

Senang bukan main bila kalian selalu bisa melihat tampilan blog kalian di Search Engine Google. Karena disitulah ajang bergengsi, saya bilang demikian, karena dengan adanya blog kalian yang sudah tampil di Google Search Engine, maka besar kemungkinan blog kalian akan disambangi blogger dari berbagai penjuru tempat.

Kita tidak perlu ragu untuk mengeceknya sesering mungkin karena wajar bila hal itu dilakukan oleh seorang blogger bahkan oleh profesional sekalipun. Seorang webmaster sering mengecek keberadaan webnya untuk memastikan bahwa webnya masih bertengger di tempat yang aman. Maklum, persaingan di dunia search engine semakin ketat. Beberapa detik kemudian belum tentu web kita bertengger di tempat dan halaman yang sama.



Maka perlu juga ya teman-teman, dengan mengecek berulang untuk memastikan bahwa blog atau web kita masih berada di tempat aman. Bila sudah tergusur, jangan menyerah, langsung saja cek kesalahannya dimana dan segera perbaiki untuk mendapatkan posisi bagus di SERP Search Engine Google. Hal ini untuk memastikan bahwa blog atau web kita masih berada di zona aman, jangan sampai terlempar jauh ke posisi yang jarang orang lihat, rugilah kita.

Untuk itu, buatlah blog atau web kita ramah mesin mencari. Disini yang saya bicarakan adalah Google, karena mesin pencari ini paling ramai dan paling sering digunakan oleh semua orang daripada mesin pencari lainnya. Untuk membuat blog kita ramah mesin mencari ada beberapa cara yang dapat kita lakukan yaitu :

1. Memakai template responsive
Karena rata-rata pengunjung bisa dipastikan berasal dari perangkat mobile. Di era jaman sekarang mobile atau HP sudah melampaui desktop. Meski desktop juga masih banyak juga pengunjungnya.

2. Buat artikel yang padat dan berisi kata kunci
Artinya artikel kaya makna dan tidak melenceng dari tema yang ditulis. Sehingga crawl google search engine lebih cepat menerima indeks.

3. Judul yang SEO
Judul adalah muka. Saya sebut demikian, karena dengan melihat judulnya saja, kita bisa langsung tahu artikel itu sedang membahas apa.

Nah itulah beberapa tips yang bisa saya sebutkan. Terus bagaimana untuk melihat blog kita sendiri, sekarang kita akan melakukannya ya. Baca sampai tuntas ya jangan setengah-setengah, nanti tidak dapat hasilnya. Begini caranya :

1. Di browser kalian bisa Chrome atau Mozilla Firefox, ketikkan Google.com
2. Kemudian ketikkan : site:https://namablogkamu.com
Seperti ini screenshotnya :
Melihat tampilan blog sendiri di Google

Bila diketikkan langsung muncul blog kamu, maka amanlah sudah. Karena blog kamu sudah terindeks sempurna di Search Engine Google.

Tapi bila tidak muncul bagaimana?

Waduh gawat kalau tidak ada di pencarian.

Tapi jangan khawatir. Kalian hanya perlu cara berikut ini :

Cara Cepat Blog Agar Terindeks di Google Search Engine


1. Kalian masuk ke Google Search Console
2. Masukkan web yang akan kamu pakai untuk verifikasi.
3. Terus masukkan sitemap disitu dengan format :
Blogspot -- https://www.namablog.blogspot.com/tahun/bulan/sitemap.xml
Domain TLD -- https://www.namablog.com/sitemap.xml
4. Dan tunggu update sitemap hingga sukses.
5. Kemudian langsung Uji URL Aktif
6. Done.

Semoga blog kamu sudah muncul di Search Engine beserta artikel-artikelnya. Jangan lupa buat halaman statis Sitemap di blog kamu ya. Sitemap untuk memudahkan blogger lain atau visitor untuk menemukan artikel yang sudah kamu tulis dan pajang di blog kalian. Sekian artikel yang dapat saya berikan. Terima kasih sudah berkunjung kemari. Salam dan Semoga Sukses.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Search Console

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Cara Mudah Melihat Blog Sendiri di Search Engine Google . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon