17 August 2022

Menampilkan Kelelawar dan Burung Beterbangan di Blog

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Menampilkan Kelelawar dan Burung Beterbangan di Blog

KELELAWAR beterbangan di halaman blog adalah sebuah terobosan baru mengingat biasanya kelelawar dan burung beterbangan di alam bebas. Dan banyaknya juga kelelawar itu beterbangan di goa-goa yang gelap. Sekarang, waktu ini, dengan Javascript, kedua hewan terbang tersebut disulap untuk dapat tampil di halaman display blog. Keduanya akan beterbangan kesana kemari memenuhi blog kalian. Keren khan?

Dalam contoh demo yang nanti akan saya tampilkan, disitu terdapat dua kelelawar yang sedang beterbangan kesana kemari. Cukup dengan menambahkan dua kelelawar saja ya, dimana jumlah lebih dari itu malah akan membuat halaman blog kalian akan terlihat sumpek dan terlalu ramai. Sehingga dengan menampilkan jumlah seminimal mungkin, atau sepasang kelelawar saja dapat memberikan view yang berbeda. Yang jelas blog kalian akan tambah cakep nantinya.

Keunikan lain dari trik ini adalah ketika kalian ingin menghilangkan icon kelelawarnya juga bisa. Kalian tinggal klik saja gambar salah satu dari kelelawar yang sedang beterbangan itu, maka kelelawar tersebut akan segera menghilang dengan sendirinya. Dan tampilan blog kalian akan kembali bersih dari animasi-animasi kelelawar beterbangan.



Pada sekitar tahun 2010 an hingga tahun 2015 an, trik ini sempat booming dan banyak dipakai oleh mereka para blogger yang sedang membangun sebuah blog. Dan memang kala itu, blog masih menjadi prioritas orang ketika online ketimbang sosmed yang di tahun ini sudah merajalela dimana-mana. Namun, tak mengurungkan niat untuk sekedar membagikan apa yang bisa dibagikan, trik ini telah didaur ulang menjadi sesuatu yang baru. Siapa tahu dari kalian masih ada yang berminat mempercantik blog dengan animasi widget. Iya khan?

Menurut beberapa orang, dengan pemakaian koding java, membuat pemuatan blog menjadi berat. Namun dengan adanya beberapa hosting javascript yang handal, saya kira semua itu sekarang sudah bisa teratasi dengan baik. cdn.JSDelivr.com sudah menjawabnya dengan menyediakan hosting gratis / free untuk kita yang ingin menampilkan koding javascript. Diupload di Github.com dan kemudian kita host kan ke JSDelivr dengan cdn nya.

Sehingga saya berkeyakinan trik ini tidak membuat blog kalian berat. Semoga ya, karena sudah dihost dengan kecepatan yang luar biasa. Dan dengan cdn itu tadi, cdn adalah server dari host yang mencari server terdekat dengan kita untuk menampilkan kode javascript secara cepat dan kemudian cache itu akan disimpan di browser kita, sehingga ketika membuka lagi, maka kode itu sudah terupload dengan sempurna tanpa terulang dari awal lagi. Hebat bukan?

Sekarang kita mulai saja ya tutorialnya.

Menampilkan Kelelawar dan Burung Beterbangan di Blog


1. Masuk ke Dashboard Blogger
2. Klik Tata Letak
3. Pilih Tambah Halaman HTML/Javascript
4. Tempelkan kode berikut di tempat kosong disitu

KELELAWAR
<script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/Alifacode/backupmaster@main/kelelawar.js" type="text/javascript"></script>


BURUNG KECIL
<script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/Alifacode/backupmaster@main/burungkecil.js" type="text/javascript"></script>


Catatan Penting :
"Jangan menempelkan kedua-duanya dalam satu tampilan blog karena tidak akan tampil. Jadi pilih salah satu saja, Kelelawar atau Burung Kecilnya."

Jika sudah dilakukan sekarang saatnya simpan proyek kamu dan publish. Di dunia ini tidak ada yang sempurna, yang sempurna hanya milik-Nya. Kita hanya manusia yang penuh salah dan dosa, tapi ada baiknya dosa itu kita lebur dengan berbuat kebaikan terhadap sesama. Selamat mencoba. Salam sukses. Maaf ya bila agak lama update blognya, soalnya pekerjaan di Rumah Sakit lagi banyak, apalagi menjelang Akreditasi. Fiuhhh sungguh sangat menguras waktu, tenaga dan pikiran. Doakan ya teman-teman, RSI Kota Magelang bisa naik tingkat, bintang 4 (naik dari sebelumnya bintang 3 kategori madya). Salam.



Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Javascript , Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Menampilkan Kelelawar dan Burung Beterbangan di Blog . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon