28 July 2023

Cara Menuliskan Lambang Kimia dengan Subscript dan Superscript

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Cara Menuliskan Lambang Kimia dengan Subscript dan Superscript
LAMBANG Kimia yang sering diajarkan dan dipelajari di SMAN dan sudah kita kenal dan akrab di telinga seperti Karbondioksida - CO2 - dan Oksigen - 02 - dapat ditampilkan dengan Metode Penulisan Teks Subscript dan Superscript. Bila penggunaan property tidak banyak, bisa menggunakan HTML, beda dengan penggunaan yang sering di setiap paragraf, maka penggunaan dengan CSS sangat dianjurkan. Supaya kita tidak perlu melakukan pengulangan penulisan Teks Subscript dan Superscript.



Bila nanti kita akan membuat teks subscript atau superscript untuk artikel online, maka kita dapat menggunakan CSS. Sebab CSS lebih mudah bila nantinya ingin dipermak atau memberi style tambahan teks Subscript atau Superscript. Untuk membuat teks Subscript atau Superscript dengan CSS, kalian dapat menggunakan property vertical-align dengan nilai Sub atau Super dan property font-size dengan nilai small atau medium.



Pada kesempatan petang hari ini, kita akan mencoba mempraktekkan Teks dengan Subscript dan Superscript dengan cara yang sudah disebutkan diatas. Dengan penulisan yang tepat tentu saja, karena salah sedikit saja, maka tampilan tidak akan muncul sesuai ekspektasi kita. Maka dari itu, trik Penulisan Lambang Kimia dengan Subscript dan Superscript harus dilakukan dengan teliti dan benar.

Contohya akan saya tampilkan dibawah ini :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
   <style type="text/css">
      .subteks {vertical-align: sub; font-size: small;}
      .superteks {vertical-align: super; font-size: small;}
   </style>
</head>
<body>

<h2>Teks Subscript dan Superscript</h2>
<p>Membuat Teks Subscript dan Superscript dengan CSS</p>

<h3>Membuat teks subscript.</h3>
<p>Rumus kimia oksigen : O<span class="subteks">2</span></p>
<p>Rumus kimia karbondioksida : CO<span class="subteks">2</span></p>

<h3>Membuat teks superscript.</h3>
<p>Rumus persamaan kuadrat : ax<span class="superteks">2</span> + bx + c = 0</p>
<p>Rumus kesetaraan energi : E = mc<span class="superteks">2</span></p>

<h4>www.alifacode.com</h4>
<p>Gudangnya Tutorial Unik Blogger</p>

</body>
</html>


Render dengan Browser Mozilla dengan penempatan CSS pada folder yang sudah tersedia.



Sekian saja untuk pembelajaran kali ini tentang Cara Menuliskan Lambang Kimia dengan Teks Subscript dan Superscript semoga dapat membantu kalian ketika menuliskan artikel tentang Ilmu Kimia. Karena dengan teknik ini, nama-nama kimia dapat ditampilkan sempurna pada display blog kita.

Semakin kesini semakin agak berat ya teman-teman? Saya kira tidak, karena memang belajar itu membutuhkan proses yang cukup melelahkan. Tapi itu semua dapat terbayar ketika kita berhasil mendapatkan ilmunya. Sehingga nanti ilmu akan sangat berguna bagi kita dan juga orang lain. Dan bahkan kepada keturunan kita kelak.

Saya kira ada beberapa kata mutiara yang sangat menggugah hati kita. "Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung." - Q.S Ali Imran: 173. Dengan berpegang teguh dan disertai doa, semua bisa terlaksana tanpa hambatan yang berarti. Sekian yang dapat saya sampaikan, besok kita belajar lagi supaya blog kita tampil lebih baik dari sekarang. Selamat malam semuanya. Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Cara Menuliskan Lambang Kimia dengan Subscript dan Superscript . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon