19 July 2022

Cara Mengembalikan View Statistik Pengunjung yang Tiba-tiba Hilang

Cara Mengembalikan Statistik Pengunjung yang Tiba-tiba Hilang

STATISTIK PENGUNJUNG adalah jumlah semua pengunjung yang datang dan melihat blog kita. Halaman statistik ini sangat penting keberadaannya. Karena dengan halaman statistik inilah kita sebagai blogger dapat mengetahui berapa jumlah visitor yang mengunjungi halaman blog kita dari hari ke hari.

Tanpa halaman statistik kita kemungkinan tidak dapat mengetahui visitor yang berdatangan dan efeknya kita menjadi buta soal pengunjung blog. Padahal keberadaan blog adalah memberikan manfaat yang berguna bagi pengunjung. Meski dalam jumlah sedikitpun, itu merupakan indikator pengunjung blog kita ada. Jadi, halaman ini mesti ada dan terpantau terus setiap harinya selama 24 jam penuh.

Dalam keseharian ngeblog dan mengisi artikel pasti tujuan kita sebagai blogger adalah mendatangkan visitor yang banyak. Entah itu visitor dari dalam negeri maupun luar negeri. Pastikan bahasa yang ada di blog kita bisa digunakan dan dibaca pada dua bahasa setidaknya, Indonesia dan Inggris. Sehingga dengan dua bahasa yang ada ini diharapkan blog kita bisa disambangi mereka yang mencari artikel kita.



Dari visitor ini kita dapat melihat statistik per harinya. Untuk dapat melihatnya kita bisa membuka halaman Dashboard Blogger pada menu Statistik. Di halaman inilah jumlah pengunjung ditampilkan. Artikel per artikel diberikan keterangan jumlah berupa angka dan berapa banyak viewer yang bersedia mengunjungi blog kita meski hanya sekedar singgah sebentar di artikel yang telah kita buat.

Tapi pernahkah kalian membayangkan bila halaman statistik yang ada di blog kita menghilang secara tiba-tiba. Kejadian tidak mengenakkan ini pernah terjadi dan dialami di blog ini. Sewaktu edit template untuk memperbaiki kesalahan yang tertera di Google Search Console, error ini ditemui setelah mengganti beberapa coding yang ada di template blog. Alhasil tampilan blog menjadi rusak. Dan terdapat tulisan yang tertera begini.

Terjadi masalah saat memuat data anda.

Coba beberapa saat lagi


Cara Mengembalikan View Statistik Pengunjung yang Tiba-tiba Hilang


Cara Mengembalikan View Statistik Pengunjung yang Tiba-tiba Hilang


Ada apa lagi gerangan yang sekarang terjadi di blog ini. Baru saya keenakan edit template, langsung saja dihantam dengan kerusakan yang sangat fatal menurut saya. Blog yang saya bangun menemui hal yang buntu. Interaksi dengan halaman dashboard dan halaman view / halaman awal blog menemui error galat. Saya coba ingat-ingat hal apa barusan yang sudah saya lakukan ke blog ini. Kenapa kerusakan bisa terjadi separah ini. Mulai template Header, Main Wrapper, Footer hingga Sidebar, saya teliti satu persatu apakah ada coding yang cacat. Seingat saya tidak ada sama sekali.

Pada saat itu saya kelupaan untuk membackup template yang sedang saya edit. Membuat khawatir bukan kepalang, apa jadinya bila blog tidak dapat kembali seperti sedia kala. Bakalan buat dari awal lagi kalau begini caranya. Tidak ada cara lain selain meneliti satu persatu. Dan alhasil saya masih belum menemukan cara yang pas dan bisa membuat error bisa teratasi dengan baik.

Ternyata setelah saya ingat-ingat betul, ternyata saya telah membuat kesalahan yakni mengutak atik Meta Tag yang ada di Header blog secara tidak sengaja. Seingat saya Meta Tag itu pada Item Tag Canonical

Saya mencoba dengan membalikkan seperti sedia kala. Untung saja saya masih ingat coding itu. Dan seketika setelah saya logout dari halaman account google dan masuk lagi, error itu pun hilang dan tampilan statistik pengunjung sudah ada disana seperti sedia kala. Jadi intinya :


1. Jangan mencoba mengutak-atik Meta Tag karena sangat fatal akibatnya.
2. Back up template sebelum melakukan editing template.
3. Berusaha memahami secara benar dan tepat bagian-bagian coding yang ada di template blogger.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca di artikel ini. Salam.

Bagikan ke teman-teman kamu
Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon