31 August 2022

Pentingnya Merapikan Tulisan di Postingan Blog dan Caranya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Pentingnya Merapikan Tulisan di Postingan dan Caranya

MERAPIKAN TULISAN seperti nama judulnya, dalam menuliskan sebuah artikel di blog memang semestinya memerlukan pengaturan agar artikel yang diposting bisa terlihat lebih menarik dan mudah untuk dipahami kejelasan tulisannya. Bayangkan bila tulisan itu amburadul, pasti kita ogah untuk membaca, ya khan?

Seringkali beberapa blogger sejauh pengamatan ini terkadang memang kurang memperhatikan akan hal ini. Padahal tulisan yang bagus dan dengan format yang menarik akan semakin menarik minat baca pengunjung, sehingga viewers blog kita pun meningkat.

Bila postingan semrawut, para pembaca langsung pasti merasa bosan untuk membaca artikel yang disajikan, sebab text yang terlalu rapat mungkin atau paragraf yang sangat panjang. Dan hal itu membuat susunan kata menjadi tidak sedap dipandang mata.



Jikalau memang kondisinya seperti itu maka kemungkinan besar para pembaca akan langsung meninggalkan halaman blog karena merasa pusing dan segera mencari referensi ke blog lainnya. Betapa ruginya bila itu terjadi.

Coba dibayangkan bila blog yang dipunya banyak berisi iklan misal Adsense maka akan sangat disayangkan bila pengunjung segera meninggalkan halaman yang dipunya dan kalaupun singgah hanya beberapa detik saja.

Beda bila artikel atau postingan rapi dan tertata, para pengunjung blog akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di blog dan itu akan menambah nilai di pagerank dan kemungkinan nantinya blog akan mendapat rank yang bagus dari search engine atau mesin pencari.

DAFTAR ISI

JUSTIFY

Untuk mengatasi masalah ini, hanya perlu melakukan beberapa pengaturan yang ada pada blog, dimana kita berfokus pada pengaturan template.

Langsung saja ke pokok permasalahan yaitu mengatur jarak spasi di template, berikut langkah demi langkahnya :

Masuk ke Dashboard Blogger
Klik Tema
Klik Edit HTML
Selanjutnya cari kode ]]></b:skin> dengan menekan Ctrl+F di keyboard komputer. Kemudian copy kode tersebut diatas di kolom pencarian, lalu tekan enter.
Maka kode tersebut akan diberi warna berbeda oleh browser
Pentingnya Merapikan Tulisan di Postingan dan Caranya

Selanjutnya copy kode CSS berikut dan paste di atas kode ]]></b:skin>

.post-body {
line-height:1.8em;
letter-spacing:0.1px;
word-spacing:0.5px;
}


Kemudian klik tombol Save
Maka dengan demikian mengatur jarak spasi di blogspot sudah selesai.

Kamu juga bisa melakukan modifikasi dari pengaturan yang telah diatur oleh kode CSS yang telah dibuat tadi. Kamu bisa mengubah nilai pada kode CSS tersebut untuk menyesuaikan jarak spasi sesuai dengan kebutuhan blog.

Namun terlebih dulu akan dijelaskan fungsi dari kode CSS tersebut sehingga bisa dimengerti dan tahu yang mana yang harus diubah untuk kebutuhan blog.

Penjelasan Kode CSS di Blogger

.post-body = Merupakan deklarasi yang dibuat oleh blogspot untuk menjelaskan bahwa bagian tersebut merupakan area dari artikel di blogspot.

{} = Kurawal buka dan tutup merupakan tempat dimana diatur nilai-nilai yang akan diberikan untuk post-body tersebut.

line-height = Disini diberikan nilai untuk mengatur jarak baris pertama dengan baris kedua dan seterusnya.

letter-spacing = Bagian ini berfungsi untuk mengatur jarak antara huruf dengan huruf, jadi bisa diatur nilainya untuk mengatur jarak huruf-huruf tulisan blog agar rapi.

word-spacing = Bagian ini berfungsi untuk mengatur jarak antara kata dengan kata dalam paragraf tulisan di blog. Apabila standar jarak kata dengan kata di blog tidak sesuai dengan harapan, maka dengan cara ini bisa diatur ulang.

Satuan yang biasa digunakan untuk nilai dari kode CSS ini ada beberapa yaitu: em, px dan %. Kamu bisa memilih salah satu dari satuan ini dan mulailah mengatur jarak spasi di blogspot kesayangan kamu semua.

Ada cara lagi yang bisa diterapkan yaitu :

1. Pertama Login Blogger.

2. Kemudian Klik Tema

3. Jangan lupa back up dulu tempatenya supaya kalau terjadi apa-apa kamu bisa mengembalikan seperti semula. Klik Edit HTML terus cari kode dibawah dengan cara Ctrl + F

.post {
margin:.5em 0 1.5em;
border-bottom:1px dotted $bordercolor;
padding-bottom:1.5em;
}


Bila sudah menemukan kode diatas, tambahkan kode dibawah ini :

text-align: justify;

Untuk cara pemasangan Kode text-align: justify;

.post {
margin:.5em 0 1.5em;
border-bottom:1px dotted $bordercolor;
padding-bottom:1.5em;
text-align: justify;
} 


3.Langkah terakhir simpan template dan lihat hasilnya.

Keterangan :

"Kode diatas bisa digunakan tidak melulu di postingan Blog saja. Tapi Bisa diletakkan dimana saja jika ingin teks rata di kanan dan kiri Blog."

Kekurangan Kode Justify yaitu spasi pada artikel menjadi sangat Lebar !!! Ya itulah namanya sesuatu ada kelebihan dan kekurangannya. Pepatah bilang No One Perfect.

Text Align Left

Sekarang menginjak hal selanjutnya yaitu tulisan bisa berada di sisi kiri. Format ini menjadi standar penulisan, karena dalam tampilan HP atau keresponsive-annya bagus.

Terus caranya bagaimana :
Ini masuk ke dalam postingan :
1. Klik yang Mode HTML
2. Diantara tulisan diberi kode <p text-align="left">blablabla</p>

Jadi seperti ini nantinya :
<p text-align="left">Isi dengan artikel kamu</p>

Text Align Right

Sekarang menginjak hal selanjutnya yaitu tulisan bisa berada di sisi kanan. Format ini biasanya untuk format tanda tangan dan nama yang sering berada di sisi kanan postingan.

Terus caranya bagaimana :
Ini masuk ke dalam postingan :
1. Klik yang Mode HTML
2. Diantara tulisan diberi kode <p text-align="right">blablabla</p>

Jadi seperti ini nantinya :
<p text-align="right">Isi dengan artikel kamu</p>

Center

Sekarang menginjak hal selanjutnya yaitu tulisan bisa berada di sisi kanan. Format ini biasanya untuk format tanda tangan dan nama yang sering berada di sisi kanan postingan.

Terus caranya bagaimana :
Ini masuk ke dalam postingan :
1. Klik yang Mode HTML
2. Diantara tulisan diberi kode <center>blablabla</center>

Jadi seperti ini nantinya :
<center>Isi dengan artikel kamu</center>

Coba dulu nanti baru liat di postingan .. insyaallah sudah jadi formatnya.
Sekian artikel Pentingnya Merapikan Tulisan di Postingan dan Caranya semoga berhasil otak-atik blognya. Wassalam.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : CSS , Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Pentingnya Merapikan Tulisan di Postingan Blog dan Caranya . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon