02 September 2022

12 Cara Jitu Mendaftar Google Adsense Berdasar Pengalaman Pribadi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

12 Cara Jitu Mendaftar Google Adsense Berdasar Pengalaman Pribadi

ADSENSE adalah program periklanan yang diselenggarakan oleh Google. Dengan adsense kita dapat meraih pundi-pundi dollar sebagai penghasilan kita. Syaratnya, Memiliki sebuah Blog untuk Mendaftar Adsense ya jelaslah karena tanpa blog, apa yang akan kita daftarkan. Pasti tidak bisa, dan itu wajib ya teman-teman. Kalian mesti punya blog, bila tidak tahu caranya ini ada artikelnya Tentang Cara Mudah Membuat Blog dari Awal Gampang Banget. Perhatikan dengan seksama ya teman-teman.

Untuk lengkapnya nanti bisa singgah di halaman ini ya Halaman Kebijakan Adsense - Google. Kalau dalam artikel ini saya memberikan cara sesuai dengan pengalaman pribadi saya ketika mendaftar adsense. Jadi mungkin tidak sesuai atau sama persis dengan blogger lain dan bahkan dengan aturan Google sendiri. Saya hanya mencoba dan saya praktekkan saja Cara-cara mendaftar Adsense hingga Approve / Diterima. Sehingga nanti silakan dari kalian mau mencoba juga nggak papa, tidak juga nggak papa.



Menurut pengalaman saya itu ada beberapa dibawah ini :

12 Item Cara Mendaftar Adsense Berdasar Pengalaman Pribadi Hingga Diterima

01. Navigasi

02. Umur Blog

03. Domain

04. Template

05. Halaman Statis

06. Artikel

07. Niche

08. Desain

09. Thumbnail

10. Usia Admin

11. Traffic Blog

12. Bahasa



01. Navigasi

Navigasi sangat penting dalam proses kita mendaftar adsense. Karena dari system navigasilah pengunjung mendapatkan pengalaman lebih dan memiliki alasan untuk kembali mengunjungi website kita. Navigasi yang buruk dan menyesatkan akan menghalangi para blogger yang akan mendaftar adsense. Sudah banyak keluhan-keluhan di forum-forum blogger yang mendapat teguran dari pihak Google Adsense terkait system navigasi yang buruk ini. Jadi, usahakan bagi kalian menempatkan link atau search atau label secara jelas dan rapi ya, jangan sampai awut-awutan dan hingga akhirnya keluar halaman Error 404 alamat dah, tolak langsung sama Adsense.

02. Umur Blog

Ini yang sering menjadi perdebatan antar blogger. Ada yang mengatakan bahwa usia blog berpengaruh untuk diterima atau tidaknya. Mungkin jawabannya bisa iya. Soalnya punya saya dibuat pada bulan sekitar awal Februari. Hal ini saya lihat dari tanggal publish artikel pertama saya yang terlihat di Dashboard Blogger. Pada awal Agustus blog ini diterima Adsense. Dalam jangka waktu 6 bulan, blog saya diterima tapi ada beberapa syarat lain lho ya. Tidak cuma soal umur blog saja. Selanjutnya adalah?

03. Domain

Domain juga wajib bagi blogger yang ingin berkarier dengan menjadi publisher Adsense. Meski dengan domain dari Blogspot sendiri juga bisa, tapi alangkah baiknya dengan domain TLD (Top Level Domain, red). Dengan domain TLD, sebuah blog lebih terlihat profesional dan gampang diingat serta dibaca. Coba saja bandingkan antara alamat ABC.blogspot.com dengan ABC.com. Lebih gampang mana diucapkannya? pasti pilih yang kedua khan? ya jelas pasti yang kedua karena domain TLD sudah menjadi patokan standar internasional. Lihat saja website-website besar pasti menggunakan TLD, contoh Facebook.com, Instagram.com, Twitter.com, Pinterest.com bahkan Google pun menggunakan .com.

04. Template

Dapur sebuah website atau kita sebut dengan Template juga memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya dari ketiga item diatas yang sudah saya sebutkan. Template yang bagus adalah yang sudah valid schema mark up nya, untuk mengetesnya silakan mampir di Schema Mark Up tools dari Google. Selain itu template responsive dalam artian dapat meneyesuaikan di segala perangkat mobile dan kecepatan loading bagus diatas 90 juga ciri dari template yang memenuhi standar bagus. Untuk mengecek kecepatan loading sebuah template bisa mampir di Pagespeed web tools dari Google juga. Usahakan kalian beli yang premium saja ketimbang pake gratisan, karena dengan premium maka akan mendapatkan update terbaru dari sang pembuat template. Kalau gratisan setahu saya, jarang terupdate jadi struktur kode template terkadang tidak bagus terbaca pada Schema Mark Upnya.

05. Halaman Statis

Yang dimaksud dengan halaman statis adalah halaman tetap yang harus ada di blog sebagai identitas secara gamblang blog tersebut. Halaman statis terdiri dari About, Contact dan termasuk juga Disclaimer. Bisa kalian tambahkan dengan Privacy Policy dan Terms of Sercives. Halaman about adalah halaman yang menceritakan tentang data pribadi si pembuat. Tulis biodata kalian sedetil mungkin disitu. Terus halaman contact adalah halaman yang dapat dihubungi ke admin sebuah blog bila ada pertanyaan dari visitor. Biasanya disitu tersisip halaman contact dengan script. Nanti terdapat tulisan : Nama, Email dan Pesan disitu. Terus halaman Disclaimer adalah peraturan yang tercantum untuk visitor ketika menyambangi blog tersebut. Kemudian halaman privacy adalah halaman bagaimana penggunaan data oleh blog dari visitor. Sedangkan Terms of Services membahas tentang Kebijakan Layanan dari web tersebut. Pastikan halaman-halaman ini ada sebelum kalian mendaftar adsense.

06. Artikel

Artikel adalah komponen paling penting dari sebuah blog. Tanpa artikel tidak ada gunanya blog itu ada. Lha iya khan, masa kita mau membaca di blog yang tidak ada artikelnya. Pada tulisan kali ini, usahakan artikel yang kalian post sudah memiliki jumlah kata tidak kurang dari 500 kata. Lebih dari itu terhitung bagus, tapi agak berat bila kalian tidak memiliki jiwa penulis. Untuk mendapatkan skor sekitar 200 kata untuk sebuah tulisan saja agak lumayan berat. Tapi bagi mereka yang suka menulis, jumlah 1000 kata tidak jadi masalah yang berarti. Selain itu padat dan jelas menjadi aspek yang dipertimbangkan. Jadi meski artikel itu panjang, usahakan tetap padat ya, jangan karena panjang terus ngawur dan tidak terarah isi artikelnya.

07. Niche

Tema blog, tentukan satu jenis tema saja untuk satu blog. Jangan sampai kalian menulis gado-gado artinya tulisannya macem-macem, ada kuliner, bisnis, tutorial perbaikan motor, fashion dan sebagainya. Saya yakin bila kalian menulis seperti itu, sudah kalah telak dengan situs berita yang sudah besar dan punya nama, contoh Tribunews.com. Jadi dengan tema yang spesifik satu saja akan lebih bagus di mata adsense. Karena dengan satu tema yang kalian bahas, nanti lama kelamaan blog kalian akan dikenal contohnya iwanbanaran.com yang membahas otomotif. Siapa yang tidak kenal dengan situs satu ini. Pasti sudah pada tahu ya, karena sering malang melintang di search engine. Dan juga, dengan satu tema, kalian akan semakin ahli di bidang yang kalian tulis di blog itu.

08. Desain

Desain. Mendengar kata desain, terbesit dalam pikiran kita sebuah vector. Bisa jadi seperti itu. Tapi dalam bahasan kita kali ini yang dibahas adalah desain dari blog itu. Desain melingkupi halaman depan blog yang terlihat lebih stylish namun tetap bersih dan tidak terlalu kebanyakan widget. Semakin banyak widget semakin berat itu nanti loading blognya. Tetapi bila kalian sudah mahir CSS dan memodifikasi tampilan desain dengan CSS, saya kira tidak berpengaruh dengan kecepatan loading. Karena bahasa CSS sangat ringan dan tidak membebani server blog.

09. Thumbnail

Kata ini adalah sebuah gambar atau foto yang terpampang pada halaman depan sebuah blog. Usahakan cari gambar atau foto di tempat situs gratisan, bisa di pixabay. Atau kalau ada skill desain dapat menggunakan software Coreldraw. Dengan mendesain sendiri, gambar itu tidak akan terkena klaim hak cipta. Gunakan simbol-simbol untuk memvisualisasikan gambar untuk vector. Sehingga tampilan thumbnail akan berbeda dari situs lain. Usahakan membuat gambar itu bercerita, sehingga visitor yang datang, sebelum membaca artikelnya. Ketika melihat thumbnailnya saja sudah tahu arah isi dari artikel tersebut.

10. Usia Admin

Usia admin adalah 18 tahun ketika mendaftar adsense. Jangan kurang dari itu. Bila masih sekolah dan kalian ingin mendaftar adsense tentu saja bisa, gunakan biodata diri orang tua kalian atau kakak kalian. Karena bila belum sampai usia 18 tahun, sangat sulit diterima karena memang aturan dari adsense seperti itu.

11. Traffic Blog

Traffic Blog menjadi penting saat kalian akan mendaftar adsense kali ini. Bagaimana mungkin adsense akan approve blog kalian bila traffic sedikit. Adsense ingin menampilkan iklan, logikanya ingin dilihat banyak orang dan diklik. Lha memang penting khan traffic blog ini. Khan tidak mungkin adsense ada di blog dengan traffic nol. Lha bagaimana bisa adsense tampil disitu, nanti tidak ada yang melihat iklannya. Iya khan

12. Bahasa

Gunakan bahasa yang didukung adsense. Disitu bahasa Indonesia termasuk dalam salah satu bahasa yang didukung adsense. Jangan sampai kalian mendaftar memakai bahasa yang tidak didukung misal bahasa Pedalaman Suku di Indonesia yang susah dimengerti bahkan oleh orang asli Indonesia sendiri. Bagaimana bisa adsense mau memasang disitu, bila bahasanya saja tidak dapat dimengerti. Bahkan Google juga kesulitan menerjemahkannya. Jadi gunakan bahasa Indonesia sesuai Ejaan yang Disempurnakan dan valid. Setidaknya kurangi penggunaan kata-kata, lo-gue dan sebagainya.

Terakhir tidak saya sebutkan tetapi hasil akhir diterima atau tidaknya ditentukan dari ini. DOA perbanyaklah doa, karena dengan doa bisa jadi karyawan google adsense bisa saja langsung approve blog kalian. Atau meski blog kalian sudah memiliki ratusan artikel bagus, sudah oke dan sebagainya, tapi bila adsense bilang tidak, ya tidak diterima. Jadi jangan lupa kepada Tuhan, supaya langsung approve dan kalian memiliki penghasilan dari adsense. Oke sekian yang dapat saya tulis menurut pengalaman pribadi saya. Bila ingin bertanya silakan berkomentar di kolom komentar dibawah ini ya teman-teman, jika ada waktu insyaallah akan saya balas. Salam Blogger. Semoga sukses diterima Adsense nya.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Adsense

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul 12 Cara Jitu Mendaftar Google Adsense Berdasar Pengalaman Pribadi . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon