21 October 2022

Tutorial Double Click untuk Seleksi Semua Teks didalam Tag Div

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Tutorial Double Click untuk Seleksi Semua Teks didalam Tag Div

DOUBLE click dalam tag div mempermudah kita dalam menyeleksi teks yang berada dalam bungkus tag div tersebut. Ketika kita menemui tutorial, dan coding disimpan dalam tag Pre dan Code, maka kita langsung bisa double click dan semua teks langsung terseleksi. Tinggal kita copy saja dan pastekan dalam penerapan di edit template atau tata letak di blog kita.

Tujuan dengan diadakannya double click tag div ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mempermudah para pengunjung yang akan menyeleksi teks maupun kode yang akan di copy. Sehingga mempercepat pekerjaan dari praktek tutorial yang telah kita buat sebelumnya. Toh dengan klik 2 kali, maka semua akan terseleksi tanpa harus menahan drag dan drop dari mouse dari awal kode hingga akhir kode.



Oke kita langsung saja ya ke tutorialnya :

Mudah kok penerapannya asal kalian teliti dalam menempelkan kodingnya, tapi ingat Harap Back Up Template sebelum memulai mempraktekkan tutorial ini ya teman-teman. Supaya nanti ketika terjadi error galat, template bisa dikembalikan seperti semula.

Tutorial Double Click untuk Select Teks di Tag Div


1. Masuk ke Dashboard Blogger
2. Pilih Tema
3. Klik Sesuaikan : Edit HTML
4. Setelah masuk ke template, temukan kode </body> dan tempelkan kode dibawah ini diatas kode </body> ini tadi.
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
//Double Click
for (var pres = document.querySelectorAll("blockquote,pre"), i = 0; i < pres.length; i++) pres[i].addEventListener("dblclick", function() {
  var e = getSelection(),
    t = document.createRange();
  t.selectNodeContents(this), e.removeAllRanges(), e.addRange(t)
}, !1);
//]]>
</script>


Catatan :
Untuk tulisan blockquote dan pre, adalah pada bagian itu saja yang dapat di double click untuk seleksi, bagian lainnya tidak bisa.


Setelah itu simpan dan ketika kalian menuliskan kode yang terbungkus dalam tag pre dan blockquote maka akan aktif itu fitur double clicknya. Sekian yang dapat saya sampaikan. Ketemu lagi lain waktu di website yang sama, admin yang sama tapi dengan tutorial yang berbeda. Salam Blogger. - Seandainya, di dunia ini dipenuhi dengan orang-orang jahat, maka kamu mesti jadi salah satu orang baik yang mesti memberantasnya.- Cissss

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Javascript , Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Tutorial Double Click untuk Seleksi Semua Teks didalam Tag Div . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon