05 July 2023

9 Penyebab Malas Ngeblog yang Harus Dihindari Blogger

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

9 Penyebab Malas Ngeblog yang Mesti Dihindari Blogger

NGEBLOG adalah sebuah kegiatan menulis di dunia maya yang dituangkan dalam sebuah website builder semisal blogspot maupun wordpress. Di masa yang serba online dan digital seperti sekarang ini, ngeblog dan bermain media sosial sudah menjadi menu keseharian hampir semua orang.

Tidak heran, karena menjamurnya HP, provider serta PC serta laptop di pasaran elektronik. Lalu mengapa kita yang biasa ngeblog menjadi malas untuk menuliskan sesuatu di blog kita?



Jawabannya ada dibawah ini. Saya rasa ada 9 penyebab blogger menjadi malas menuliskan ide dan kreativitas di blognya. Setidaknya mereka sudah tidak aktif lagi, kalaupun aktif juga sudah jarang melakukan kegiatan ngeblog. Malah ada yang aktif 3 bulan sekali dan bahkan lebih dari itu.

Alasannya macam-macam, jadi tetap diperhatikan ya teman-teman soal kegiatan ngeblog supaya blog kita tetap aktif dan banyak pengunjungnya.



Guna menghilangkan rasa malas akan menulis di blog tentunya kalian harus melakukan introspeksi terhadap beberapa faktor yang menjadi penyebab malas ngeblog. Sehingga dengan keadaan itu akan tumbuh semangat dan motivasi menulis kembali di blog. Belajar dari kemalasan ini tentunya kita mesti cepat mengenali penyebab rasa malas ngeblog, dan kita mesti cepat harus juga untuk mengatasinya.

Inilah Penyebab dan Alasan Malas Ngeblog

1. KEKURANGAN IDE MENULIS ARTIKEL
Inilah yang menjadi penyebab utama malas ngeblog, karena kita kekurangan ide untuk menulis di blog. Tentu saja ide itu harus kita cari, ada beberapa cara untuk mencari ide dalam menulis di blog, salah satu caranya adalah belajar. Ya belajar, belajar bisa dari mana saja, buku, teman blogger, searching di search engine, blogwalking dan juga belajar ngoding.

Dan selanjutnya setelah ide ketemu, kita harus memikirkan tentang Judul yang tepat. Nah ini yang juga bikin pusing, apalagi terkait persaingan di search engine dan optimasi blog atau sering kita sebut SEO.

Secara SEO bila judul dipaksakan maka akan terjadi dualisme keyword sehingga secara SEO terjadi duplikat content yang dapat menurunkan peringkat di mesin pencari. Jadi temukan ide menulis artikel agar semangat menulis artikel tumbuh kembali sehingga malas ngeblog pun akan hilang.

2. ATIKEL LAMA TERINDEKS GOOGLE
Tulisan yang begitu lama terindeks di google dapat menyebabkan timbulnya rasa malas ngeblog dalam diri kita. Coba bayangkan bila kalian sudah menulis panjang tentang artikel yang bagus tapi tidak kunjung terindeks dan tidak muncul di pencarian. Maka dari itu artikel yang lama terindeks google harus cepat diatasi agar rasa malas ngeblog hilang.

3. ARTIKEL DICOPAS TANPA IJIN
Artikel di blog kita di copy paste oleh blog lain. Itu juga menjadi salah satu penyebab blogger malas ngeblog. Bila artikel di blog kalian yang dibuat dengan susah payah kemudian dengan seenaknya di copas tentunya membuat kesal dan marah bukan?

Copas merupakan suatu tindakan yang sangat tidak kreatif dan secara tidak langsung mematikan kreativitas dari si tukang copas tersebut. Untuk menanggulanginya, blog kalian bisa diproteksi dengan Js untuk disable copy paste menggunakan klik kanan select all. Kalian bisa melihat tutorial disini Anti Copy Paste.

4. MENURUNNYA PERINGKAT DI GOOGLE
Menurunnya peringkat artikel di google search engine dapat menyebabkan malas ngeblog, kenapa bisa begitu?. Peringkat di google penelusuran sangat berpengaruh pada traffic kunjungan di blog sehingga menurunnya peringkat di google adalah hal yang harus di hindari dan diperbaiki agar rasa malas ngeblog jadi hilang. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengupdate artikel lama dan membuat konten baru yang fresh.

5. VISITOR BLOG SEDIKIT
Ini juga menjadi pemicu kemalasan ngeblog tadi karena visitor blog yang sangat sedikit dari hari ke hari. Bukannya tambah banyak, malah lambat laun menghilang dengan sendirinya. Bila rasa malas ngeblog karena faktor visitor yang sedikit maka caranya adalah memperbaiki traffic blog agar kembali normal dan meningkat.

Saat traffic blog sedikit namun tidak segera diatasi maka rasa malas ngeblog akan muncul. Perbaiki traffic blog dengan membuat arrikel yang mengikuti kaidah SEO, perbaiki kecepatan blog dan optimasi gambar thumbnail di google pencarian.

6. BLOG MENGALAMI DEINDEX
Deindex adalah kejadian blog tidak ditampilkan di beranda pencarian Google search engine. Faktor penyebab deindex bisa bermacam-macam, tapi yang pasti karena melanggar kebijakan Google atau Google Policy. Blog yang telah mengalami deindeks adalah faktor yang mempengaruhi menjadi malas ngeblog.

Bagaimana tidak berpengaruh, artikel yang telah ditulis dihapus dari pencarian sehingga traffic blog menurun drastis bahkan tidak ada sama sekali. Sungguh miris bukan. Bilamana kalian mengalami hal ini maka perbaiki masalah tersebut dengan melihat laporan di Google Search Console kalian.

7. DITOLAK ADSENSE
Nomer tujuh, yaitu kejadian ditolak Ads
ense. Biasanya di Email, pemberitahuan itu sudah terlampir. "Situs Anda belum layak mendapatkan Adsense" kira-kira begitu. Faktor ditolaknya adsense adalah sebagai salah satu penyebab malas ngeblog. Sudah lama ngeblog tapi di tolak terus sama Adsense sementara blog memerlukan biaya operasional.

Apapun motivasi ngeblog kalian, dengan diterimanya blog untuk memonetisasi iklan adalah peluang untuk mendapatkan uang dari blog guna menutupi biaya untuk operasional blog seperti sewa hosting, perpanjang domain, sertifikat SSL, peningkatan SEO blog menggunakan tool atau plugin. Nah untuk mendaftar Adsense, bisa deh lihat artikel ini Cara Jitu Mendaftar Adsense.

8. TERKENA PEMBATASAN IKLAN ADSENSE
Pembatasan Adsense biasanya terjadi bila terdapat kecurigaan invalid klik. Dan sudah terdeteksi oleh pihak Google. Dengan demikian dari pihak Google Adsense akan melakukan pembatasan iklan yang tayang di blog kita. Bila kalian mengalami hal ini maka segera atasi masalah itu semangat ngeblog tumbuh lagi.

9. PENDAPATAN BLOG KECIL
Ketika blog mendapatkan cuan dari Adsense dan pendapatan perbulan besar, kemungkinan kita sebagai blogger akan semakin rajin memposting artikel. Iya khan? sebaliknya bila pendapatan kecil, kita akan dilanda kemalasan yang terus menerus menerpa kita. Namun hal yang sering terjadi adalah bahwa kenyataan tidak seindah harapan yakni CPC iklan adsense kecil dan CTR blog rendah.

Untuk masalah ini memang jadi bikin malas ngeblog, ibaratnya segala jurus sudah dikeluarkan namun pendapatan tidak kunjung bertambah. Cara untuk meningkatan CTR bisa membuat artikel yang sedang digandrungi oleh orang-orang terutama orang luar negeri.


Nah bagaimana teman-teman, itulah beberapa penyebab malas ngebog yang paling berpengaruh dan sering terjadi atau dialami oleh para blogger sehingga muncul rasa malas ngeblog. Saya menulis artikel ini karena saya juga pernah mengalami rasa kemalasan yang amat sangat tinggi. Sehingga saya mau nulis juga malas. Mau bikin artikel tutorial juga malas.

Pernah juga saya di kondisi dimana beberapa hari tidak di depan laptop. Tidak memikirkan ide dan gagasan apa yang akan saya tuang ke blog saya. Tapi meski demikian, saya tetap mencari cara supaya semangat lagi. Diantara penyemangat saya yaitu : "Istri dan Anak" saya. Ya mereka berdualah yang membuat saya semangat mencari ide untuk menulis tutorial di blog.

Dan alhamdulillah cuan juga cukup mengalir untuk mendukung segala kebutuhan saya sehari-harinya. Setelah mengetahui apa yang menyebabkan malas ngeblog tentunya kalian harus cepat mengatasinya sehingga akan meningkatkan semangat menulis artikel kembali di blog. Demikian yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat.

Jadikanlah ngeblog sebagai hobi bukan mencari cuan. Karena kerja berdasarkan hobi selain tetap konsisten juga nantinya akan mendapatkan cuan yang lumayan besar. Berbeda bila arahannya cuan, bisa jadi di tengah jalan semangat ngeblog kita runtuh dan blog pun juga tidak terurus. Sekian saja teman-teman, terima kasih. Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Adsense , Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul 9 Penyebab Malas Ngeblog yang Harus Dihindari Blogger . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon