03 August 2022

Kisah Awal Mula Ngeblog dari Hobi menjadi Profesi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Perjuangan kisah sukses blogger dari zero to hero

AWAL NGEBLOG setahun silam memang sangat terasa berat. Karena harus membuka lembaran baru untuk belajar membuat tulisan yang akan dipublish di blog. Hampir setiap hari saya selalu berkutat dengan yang namanya laptop dan dari situlah saya mulai dengan Cara Cepat Membuat Blog dari Awal untuk Pemula. Laptop kesayangan saya ASUS ZE sudah menemani kegiatan saya sehari-harinya.

Saya mulai ngeblog pada tahun 2021 tahun kemarin. Bermula dari sebuah ide untuk mengungkapkan tulisan yang bisa dibaca dan bermanfaat buat orang lain. Saya mulai membuat akun blogger yang nantinya akan saya gunakan untuk mengupload tulisan saya. Dengan domain masih blogspot, saya memulai dengan tutorial sederhana, hasil proses pembelajaran saya selama ngeblog.

Setiap malam, selepas pulang kerja saya mulai utak-atik blog, membenahi sana-sini dengan berpikir untuk menuliskan artikel yang berguna. Mulailah saya dengan tulisan pertama saya Cara Membuat Variasi Tulisan di Postingan Blog yang Baik dan Benar. Saya belajar dari situs terkemuka untuk belajar online yaitu W3.org. Dari situlah ilmu ngeblog saya dapatkan. Dan dari web besar itulah segala ilmu tentang per blogger an saya hisap dan dipelajari sampai tuntas. Mumpung masih semangat.



Tak lepas dari hari ke hari saya mengasah ketrampilan saya untuk menuliskan artikel sekaligus belajar utak-atik HTML, CSS dan juga Javascript yang sudah saya pelajari. Dengan niat dan tekad, maka semua itu bukanlah hal yang sulit dan mustahil. Dengan keyakinan kuat, apapun bisa kita raih asal kita konsisten untuk melakoninya. Jangan setengah-setegah ketika kita sudah bertekad melakukan sesuatu hal asal positif.

Dan pada akhirnya saya membuat blog dengan domain blogspot, sebelum domain TLD ini lahir. Domain dari google tersebut saya gunakan untuk menuangkan ide dan gagasan saya. Apa yang saya dapat dari proses pembelajaran langsung saya tuliskan lewat blog. Dengan bahasa dan cara yang mudah dipahami tentunya, karena saya ingin semua membaca tanpa merasa kesulitan dalam mempraktekkannya. Hal itu berhasil dan mulailah blog saya mendapatkan pengunjung yang berdatangan ke blog saya entah itu membaca artikelnya saja ataupun langsung mempraktekkannya.

Ucap syukur saya waktu itu, tak terkira artikel saya langsung dapat respon positif dari salah satu teman blogger lain yang menyambangi blog saya dengan berkomentar positif dan memberikan semangat. Saya menghargai teman-teman saya yang selalu memberikan semangat dikala saat ini memang dunia per blogger an sudah tidak seperti dulu yang masih sangat ramai apalagi waktu jaman warnet masih merajalela bak jamur di musim penghujan tiba.

Hampir tiap hari, setiap warnet yang berada di tiap-tiap gang dan sudut kampung dipenuhi dengan anak-anak hingga remaja sampai orang tua yang ingin mendapatkan informasi dari internet ataupun sekedar mencari hiburan dengan bermain game online ataupun sekedar melihat Youtube maupun Facebook dan mencari teman-teman dunia maya. Waktu itu, android masih belum menjadi raja multimedia seperti sekarang ini. Sehingga keberadaan warnet menjadi sangat vital ditengah keberadaan informasi teknologi yang tengah menggeliat mengikuti arus perkembangan jaman yang semakin canggih.

Dan blogspot dengan unggulannya free website builder menempatkan diri sebagai ajang bertukar informasi yang bisa dinantikan lewat dunia maya. Dan sekarang keberadaan blogspot sudah agak jarang dan tergantikan dengan domain TLD .com meski hosting tetap masih milik Google.inc. Dan saya salah satu member setia blog yang hingga kini setelah saya berkeluarga dan mempunyai anak, saya masih berkesempatan berbagi ilmu dengan ngeblog dan memiliki domain sendiri yaitu Alifacode.com. Dari blog inilah saya membangun karier sampingan saya selain sebagai karyawan Rumah Sakit di Kota Magelang.

Lambat laun, blog yang saya kembangkan dari 0 mulai beranjak besar dan memiliki visitor yang lumayan tinggi. Sehingga saya mulai berpikir untuk mendafarkan adsense saja kalau begitu. Sehingga usaha saya selama ini tidak menjadi mubazir dan akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pundi-pundi dollar dari blog saya. Dan ternyata setelah sekian lama saya berjuang dan akhirnya tepat pada hari Senin 1 Agustus 2022 pukul 13.30 WIB, blog saya langsung diterima oleh Google Adsense dan berhak untuk menayangkan iklan. Sungguh rasa yang sangat bahagia.

Dan hingga hari ini, saya tetap menulis artikel tentang tutorial blog untuk semua dan semoga bermanfaat. Karena ilmu tidak akan habis kita bagi, tapi akan berkembang menjadi ilmu turunan yang tidak akan habis masanya dan akan selalu abadi. Maka selagi kita bisa, berbuat baiklah kepada orang lain dengan berbagai cara sesuai kemampuan kalian karena niscaya kelak sang Maha Kuasa akan membalas dengan upah yang setimpal. Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Kisah Awal Mula Ngeblog dari Hobi menjadi Profesi . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon