31 October 2023

Cara Menangkal Aktivitas Ilegal Jingling Bot Auto Visitor di Blog

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Momok Menakutkan Jingling Bot Auto Visitor Pada Blog
JINGLING adalah bot auto visitor yang menyerang blog dengan mendatangkan ribuan hingga ratusan ribuan bahkan jutaan pengunjung dalam waktu singkat. Sekilas memang mengenakkan bagi si empunya blog, tapi sisi negatifnya, blog akan segera down bila menggunakan hosting yang tidak kuat dalam melayani membludaknya visitor.

Saya sering mendengar cerita bahkan keluhan dari para blogger yang berkumpul di forum-forum blogger Indonesia. Mereka sengaja memamerkan visitor blog hasil jingling dan ada pula yang ketakutan akan bot auto visitor dikarenakan Adsense di blognya akan segera dibanned oleh pihak Google. Tapi yang jelas, Jingling merupakan alat yang tidak memberikan hasil yang positif tetapi malah sebaliknya yaitu memberikan dampak negatif dari hasil serupa untuk kejadian yang sama.



Apapun itu alasannya, Jingling sangat merugikan kita sendiri dan blogger lain. Dampak serius yang terkena bot auto visitor tentu saja menjadi hal yang menakutkan bagi para publisher adsense, dikarenakan acoount bisa terbanned oleh pihak Google Adsense. Terkadang saya juga terheran-heran dengan perilaku anak muda yang suka memamerkan jumlah visitor yang fantastis di forum blogger. Entah itu disengaja ataupun tidak, tetap saja hasil tidak selalu sepadan dengan proses yang dilakukan.

Apakah itu hal yang lumrah? tentu saja tidak. Karena mungkin saja mereka belum paham akan dampak negatif yang sangat luar biasa dari auto visitor ini. Kalau sudah paham, tentu akan berpikir ulang bahkan untuk sekedar share ulang screenshot hasil bot autovisitor ke khalayak ramai yang rata-rata dihuni oleh para sesepuh blogger.



Apakah itu Auto Visitor?

Auto Visitor adalah visitor palsu yang mendatangi blog kita sehingga page views akan membengkak hingga puluhan sampai ratusan ribu per hari. Kebanyakan, bot yang menyambangi berasal dari IP luar negeri yang notabene merupakan bot yang dirancang mampu memberikan kunjungan secara terus menerus. Dikarenakan akses internet yang sangat luar biasa cepat, bot ini umumnya sulit ditangkal. Berbeda dengan bot yang masih terbilang dengan server abal-abal yang masih dapat dikendalikan.

Jingling merupakan sebuah software buatan orang China yang terinstall di komputer. Bot ini juga bisa ditampilkan dalam rupa web online dengan Cpanel yang dirancang sendiri. Auto visitor yang dibuat dengan server berkualitas tinggi dapat mendatangkan ribuan visitor bot hanya dalam beberapa menit saja. Namun, di lapangan ditemukan AutoVisitor dengan server murahan abal-abal yang sangat lambat bahkan mudah dihapus setelah dilaporkan ke pihak Google.

Dampak Positif dan Negatif Auto Visitor

POSITIF

1. Memberikan semangat karena dengan Jingling, traffic blog yang semula sedikit bisa membengkak secara cepat meski hal itu terbilang penipuan.
2. Dalam sebuah kompetisi SEO, Jingling digunakan untuk membuat server down dari pihak lawan sehingga dapat menurunkan SERP di Google Search Engine dan alhasil ranking di Page One akan jeblog.

NEGATIF

1. Penyebab utama malas ngeblog, karena pengunjung yang merupakan sebuah robot, bukan murni pengunjung organik dari Google Search Engine.
2. Rank Google membengkak akibat visitor dari luar negeri yang begitu banyak dan berpotensi SPAM.
3. Posisi artikel akan turun drastis dari peringkat SERP.
4. Untuk publisher Adsense, rawan terkena Invalid Click dan rawan diBanned.
5. Blog masuk ke Google Sandbox.

Bagaimana Mencekal Jingling Auto Visitor

Bila penggunaan Jingling hanya untuk blog pribadi diri sendiri, sebenarnya tidak masalah. Yang jadi masalah bila hal itu digunakan pada blog orang lain. Karena secara tidak langsung sudah merugikan oleh si empunya blog itu.

Jingling hanya menimbulkan efek buruk pada blog yang baru saja dibuat, dan biasanya banyak orang yang mengeluhkan mengalami deindex artikel akibat jingling karena blog mereka blog baru. Tapi untuk blog yang sudah lama dan mempunyai visitor banyak sepertinya efek jingling tidak begitu berpengaruh karena diimbangi dengan update artikel setiap hari.


Dibawah ini cara Mencekal Jingling

1. Gunakan Pemblokir robots.txt

1. Login BLOGGER
2. Buka DASHBOARD
3. Pilih menu SETELAN --> pilih CRAWLER dan PENGINDEKSAN --> pilih ROBOTS.TXT KUSTOM
3. Pastekan kode dibawah ini dikolom kosong pada robots.txt

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: https://namablogkamu.blogspot.com/sitemap.xml


Segera ganti namablogkamu dengan nama blog kalian ya. Untuk peraturan dari robots.txt tersebut bahwa kita hanya memperbolehkan robot google saja yang merayapi blog kita sementara visitor yang datangnya tidak dari google (bukan visitor organik, red) akan dibatasi untuk mengakses.

2. Batasi Pembaca Blog

Bila sebuah blog sudah terkena Auto Visitor hingga mencapai puluhan bahkan ratusan ribu penayangan dan dirasa penerapan robots txt terlalu lama bekerja pada situs blog. Kita dapat menggunakan cara lainnya yaitu membatasi pembaca blog. Hanya orang-orang yang mengikuti blog yang dapat membaca atau mengubah pembaca blog menjadi private.

Resiko menggunakan cara kedua ini adalah kita benar-benar kehilangan visitor baik dari google maupun visitor yang datang dari tempat lain. Namun cara ini terbilang efektif untuk menghentikan jingling autovisitor yang menyerang blog sementara waktu.

Begini caranya :
1. Masuk DASHBOARD
2. Pilih SETELAN
3. Klik AKSES PEMBACA
Pada jendela sebelah kanan paling bawah ada 3 opsi untuk memilih siapa saja yang dapat membaca blog kita.

Publik
Blog akan terbuka untuk semua pembaca dunia maya.

Pembaca Khusus
Blog kita dibatasi sehingga hanya penulis blog yang dapat membacanya. Pengunjung lain ke blog ini tidak dapat membaca postingan apa pun, sebaliknya mereka akan mendapatkan pesan yang menyatakan bahwa ini adalah blog pribadi.

Undangan Khusus Pembaca Tertunda
Membatasi blog kita hanya untuk pembaca yang terpilih. Namun, pembaca itu harus login dulu sebelum membaca artikel di blog kita sehingga menimbulkan langkah tambahan.

Undang Lebih Banyak Pembaca
Membatasi dengan mendatangkan pembaca blog kita secara acak dan tidak menuntut harus login terlebih dahulu.

4. Silahkan pilih yang Pembaca Khusus kemudian SIMPAN PERUBAHAN

3. Melaporkan ke Google-Blogger

Sumber lalu lintas traffic yang berasal dari Jingling dapat terlihat dari Statistik di Dashboard Blogger. Pengunjung dapat berasal dari blogger lain dan bisa saja berasal dari blog berplatform selain blogspot.

Solusinya : Melaporkanya sebagai situs yang berpotensi SPAM kepada Google atau kepada platform mereka masing-masing.

Mengingat google sekarang sedang galak-galaknya, sehingga sedikit saja pelanggaran yang dibuat oleh pengguna akan langsung berdampak pada sanksi yang diberikan.
Kita dapat melaporkan aktivitas Jingling karena telah melanggar Kebijakan Google.

4. Mencekal Sumber Traffic Jingling

Masih berhubungan dengan yang sebelumnya, bila mendapati sumber traffic bot dari situs Auto Visitor, maka kita bisa langsung memblokir sumber traffic tersebut dengan menerapkan script pemblokiran pada blog.
Caranya sebagai berikut ini :

PENGGUNA BLOGSPOT

Tambahkan kode dibawah ini tepat dibawah kode <head>

<script type='text / javascript'>
var block = ['http://jingling1.com','http://jingling2.com','http://jingling3.com'];
for (var b = block.length; b–;) {
if (document.referrer.match (block [b]))
window.location = &quot;http://google.com/&quot;;
}
</script>


ATAU

<script>
//<![CDATA[   var allow =['google','facebook','bing','yandex','yahoo','geevv','(tambahkan lainnya)', dst]; //Sumber lalu lintas yang diizinkan untuk mengakses Blog
    var valid = false;
    if(!document.referrer==''){
        for(var i =allow.length; i--;){   if(document.referrer.toLowerCase().includes(allow[i].toLowerCase())){
                valid = true;
                break;
            }
        }
      if(valid==false){
        window.location =document.referrer; //Arahkan ke Web Jingling bila nggak sesuai 
      }
    }//]]>
</script>


5. Memasang Cloudflare cdn

Cloudflare merupakan sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. Cloudflare berada diantara nama domain dan web hosting yang memiliki kemampuan untuk memfilter traffict dan mempercepat akses website. Selain itu juga ditawarkan berupa tambahan penangkalan dari serangan DDoS.

Sehingga dengan memasang Cloudflare, maka situs kita akan terlindungi dari serangan Jingling maupun Auto visitor blog karena setiap kali ada serangan masuk akan diminta menunggu selama 5 detik ketika dibuka guna memverifikasi sebuah IP.

Dampak positif lainnya, Adsense Google kita akan lebih aman, tidak akan ada informasi berupa redirect dari situs yang dianggap berbahaya bagi ekosistem iklan dan ini merupakan salah satu cara teraman untuk meminimalisir efek dari serangan jingling baik terhadap SEO, server hosting maupun Google Adsense.

6. Menambahkan Keyword yang Diijinkan

Ketika bot mengakses web dari sumber reffereal selain kata kunci yang diijinkan maka mereka akan dilempar kembali kehalaman sebelumnya dan begitu seterusnya. Cara kerja yang sangat baik dan tergolong mampu menangkal aksi bot auto visitor.

7. Menggunakan Lazy Load

Fungsi Lazy Load lebih kurangnya seperti perlindungan untuk Adsense agar tidak tampil pada display auto visitor ataupun jingling (meskipun mereka dilengkapi sebuah user agent)

Hal ini dikarenakan fungsi lazyload adalah memuat Adsense, sehingga gambar akan direload setelah mendapatkan aksi klik dan scroll halaman. Dengan hal itu maka Auto visitor akan otomatis diblok dan tidak akan masuk pada page view blog.


Nah itu dia teman-teman cara-cara yang relevan untuk mengatasi Jingling. Website saya juga pernah mengalami lonjakan visitor yang tidak terduga. Untung saja, Adsense saya aman. Dan ketika saya lihat pada Dashboard Adsense, masih terdapat tulisan Website tidak terdapat Pelanggaran Kebijakan. Alhamdulillah.

Memang, membuat blog adalah sesuatu yang gampang. Semua orang bisa membuatnya. Dengan bermodal email, blog bisa langsung dibuat. Tapi merawat dan memelihara sebuah blog tidaklah semudah membalik telapak tangan. Apalagi bila berbicara SEO, SERP dan apalagi Jingling. Dengan bekal seadanya, saya rasa akan sulit menembus ranking terbaik Page One Google Search Engine bila kita masih tidak mau berharap untuk belajar giat lagi tentang Blog.

Karena suatu masa entah nanti atau kapan, kita pasti akan dihadapkan pada suatu permasalahan yang mungkin lebih berat dari sekedar yang saya tulis diatas. Tugas kita yaitu belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat berkembang mengikuti arus zaman yang semakin maju. Mundur selangkah saja, kita sudah akan tertinggal.

Kutipan kata-kata dari Imam Syafi'i "Barang siapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar, maka akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." Wallahu A'lam Bishawab. Terima kasih teman-teman yang bersedia mampir membaca artikel Cara Mengatasi Bot Auto Visitor. Sampai jumpa. Salam.

Bagikan ke teman-teman kamu


Label Postingan : Tips Blog

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Cara Menangkal Aktivitas Ilegal Jingling Bot Auto Visitor di Blog . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon