06 November 2023

Gwenchana yang Viral di Tik Tok dalam Tampilan CSS

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Gwenchana yang Viral di Medsos dalam Tampilan CSS
GWENCHANA Sering dengar dan lihat kata "Gwenchana?. Dimana coba, di medsos seperti TikTok? Instagram? Facebook?. Ya, video berdurasi pendek yang dipopulerkan di medsos oleh salah satu akun tiktok @imranbard itu sekarang sedang trending dan menjadi fyp (for you page, red) di platform sharing video itu. Tapi kalian tahu nggak sih dengan arti kata Gwenchana?

Arti Kata Gwenchana

Mungkin kalian pada belum tahu ya apa itu Gwenchana atau sering disebut dengan Gwenchanayo. Arti kata dalam bahasa Indonesia adalah baik-baik saja". Merujuk dari Naver Dictionary, kata gwenchana sendiri berasal dari bahasa Korea. Jika ditulis dalam aksara Hangul, maka tulisannya adalah 괜찮아, atau apabila diromanisasikan, maka cara bacanya adalah gwaen-chanh-a.

Ini videonya yang viral itu :

@grprm._ gwaenchana#imranbard #fypシ ♬ bunyi asal - haa


Sangat sulit diucapkan ya? atau sebaliknya malah gampang. Arti dari kata gwenchana juga beragam. Namun, kurang lebih, gwenchana dapat diterjemahkan sebagai "tidak apa-apa" atau "nggak masalah". Sederhananya, kata gwenchana adalah "Aku rapopo" versi bahasa Jawa-nya. Lengkap sudah kosakatanya ya Oppalovers?



Selengkapnya, dibawah ini sejumlah terjemahan gwenchana dalam bahasa Indonesia :

1. Nggak apa-apa
2. Tidak masalah
3. Baik-baik saja
4. Oke

Dalam bahasa inggrisnya adalah sebagai berikut :

1. I'm fine
2. Don't worries
3. Anything got a be okay

Penggunaan Kata Gwenchana

Setelah menjelaskan dari hal sebelumnya, mungkin dari kalian menjadi pusing karena melihat arti kata gwenchana yang begitu banyak. Hal ini karena frasa satu ini memang bisa diucapkan dalam berbagai situasi.

Dalam kutipan dari Naver Dictionary, adapun penggunaan kata gwenchana dalam percakapan bahasa Korea adalah sebagai berikut. Bisa dilihat tulisan yang sudah ditulis dibawah ini :

- Guna bertanya kabar atau kondisi dari seseorang
- Balasan ketika menolak tawaran atau bantuan orang lain
- Menyatakan bahwa tidak masalah terhadap situasi tertentu

Perbedaan Gwenchana dan Gwenchanayo

Pada backsound video yang sedang trending di platform Tik Tok itu, terdapat dua kata yang terdengar, kata pertama yaitu Gwenchana dan kata kedua adalah Gwenchanayo. Lalu apa keduanya sama? terus seumpama berbeda, bisa dijelaskan?

Bila diterjemahkan sesuai EYD, maka gwenchana dan gwenchanayo masih bermakna dalam artian sama, yakni "Nggak apa-apa". Namun, keduanya berbeda dalam hal formalitas atau dalam penggunaan bahasa baku.



Kata gwenchana (괜찮아) bersifat informal. Dalam hal ini, Oppalovers hanya dapat mengatakannya kepada orang yang dikenal atau sudah memiliki kedekatan. Bisa kedekatan antara kalian dengan teman, sahahat atau apapun kekerabatannya.

Namun, apabila mengucapkannya kepada orang asing atau orang yang baru dikenal, maka kalian akan merasa hal tersebut kurang sopan. Untuk itu, ketika berbicara dengan orang asing, kalian mesti menggunakan gwenchanayo (괜찮아요). Kata itu bersifat formal dan biasanya diucapkan kepada orang yang lebih tua atau yang baru dikenal.

Gwenchana Korea viral Tik Tok


Gwenchana dalam CSS

Sekarang kita beranjak ke cara menampilkan keindahan artistik tulisan Gwenchana dalam bahasa pemrograman CSS. Tadi sudah khan, penjelasan singkat dan bagaimana kata-kata itu viral hingga kita angkat dalam pembahasan kali ini. Unik memang. Tapi selama itu tidak melanggar TOS Google sebagai platform website kita, maka diperbolehkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sore hari ini, saya akan berusaha membuat tulisan Gwenchana dalam balutan CSS. Seketika tulisan ini akan meliuk-liuk seperti Naga Terbang. Sebuah keindahan pastinya. Tidak memulai bahasa pemrograman yang terbilang sulit dan bikin pusing. Tapi kali ini, tutorial ini menjadi mudah dan menarik.

Caranya adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke DASHBOARD blogger
2. Pilih TEMA
3. Klik SESUAIKAN : EDIT HTML
4. Cari kode ]]><b:skin/>
5. Tempelkan kode dibawah ini persis diatas kode ]]><b:skin/> tersebut
html, body {
  width: 100%;  
  height: 100%;
  background: #19B5FE;
  -webkit-font-smoothing: antialiased;
  display: flex;
  justify-content: center;
  align-items: center;
}

h1 {
  height: 100px;
}

h1 span {
  position: relative;
  top: 20px;
  display: inline-block;
  animation: bounce .3s ease infinite alternate;
  font-family: 'Titan One', cursive;
  font-size: 80px;
  color: #FFF;
  text-shadow: 0 1px 0 #CCC,
               0 2px 0 #CCC,
               0 3px 0 #CCC,
               0 4px 0 #CCC,
               0 5px 0 #CCC,
               0 6px 0 transparent,
               0 7px 0 transparent,
               0 8px 0 transparent,
               0 9px 0 transparent,
               0 10px 10px rgba(0, 0, 0, .4);
}

h1 span:nth-child(2) { animation-delay: .1s; }
h1 span:nth-child(3) { animation-delay: .2s; }
h1 span:nth-child(4) { animation-delay: .3s; }
h1 span:nth-child(5) { animation-delay: .4s; }
h1 span:nth-child(6) { animation-delay: .5s; }
h1 span:nth-child(7) { animation-delay: .6s; }
h1 span:nth-child(8) { animation-delay: .7s; }

@keyframes bounce {
  100% {
    top: -20px;
    text-shadow: 0 1px 0 #CCC,
                 0 2px 0 #CCC,
                 0 3px 0 #CCC,
                 0 4px 0 #CCC,
                 0 5px 0 #CCC,
                 0 6px 0 #CCC,
                 0 7px 0 #CCC,
                 0 8px 0 #CCC,
                 0 9px 0 #CCC,
                 0 50px 25px rgba(0, 0, 0, .2);
  }
}


6. Selanjutnya klik SAVE
7. Masuk TATA LETAK
8. Pilih TAMBAH HTML/JAVASCRIPT
9. Tempelkan kode dibawah ini di konten kosong yang tersedia disitu
<h1>
  <span>G</span>
  <span>W</span>
  <span>E</span>
  <span>N</span>
  <span>C</span>
  <span>H</span>
  <span>A</span>
  <span>N</span>
  <span>A</span>
</h1>




Sudah itu saja yang dapat dilakukan pada sore hari ini. Semoga bisa menambah ilmu bagi kita ya Oppalovers. Meski saya bukan bagian dari para pecinta hal-hal yang berbau Korea. Tapi minat dari istri saya dalam menyukai Drakor - Drama Korea - serta band Korea - KPop - dan pernak-perniknya patut saya apresiasi sesuai dengan hati nurani saya dalam menulis artikel di blog ini.

Salah satu contoh yang sudah terwujud ya mungkin artikel ini. Meski tidak sebagus yang mungkin kalian bayangkan, tapi setidaknya kita sudah berusaha. Bukankah proses lebih dapat dinikmati daripada hasil yang belum tentu pasti kita gapai.

Pada sebuah kutipan terselip kata-kata mutiara, "진짜 위험한 것은 아무것도 하지 않은 것이다, jinjja wiheomhan goseun amugeotdo haji aneun geosida (Kesalahan terbesar adalah tidak melakukan suatu tindakan apa pun)." Sebuah motivasi dari Oppa yang patut kita renungi dan dapat dijadikan salah satu prinsip hidup bagi kita semua. Sungguh romantis ya. Sekian saja tutorialnya. Salam Blogger semuanya. Saranghaeyo ...

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : CSS

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Gwenchana yang Viral di Tik Tok dalam Tampilan CSS . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon