25 October 2022

Kehebatan Bahasa Pemrograman CSS3 yang Jarang Orang Tahu

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيم

Kehebatan Pemrograman CSS3 yang Jarang Orang Tahu

CSS3 adalah Cascading Style Sheet versi ke-3, yakni sebuah program pengatur dan pengendali tampilan sebuah halaman blog/web. Dan bahasa pemrograman ini sangat statis dan stabil mengendalikan display web yang multi komplek. Serta memainkan peranan besar dengan tampilan yang cenderung masa kini. Tapi tahukah, bahwa CSS3 banyak orang yang tidak tahu akan kelebihannya.

Di era sekarang ini, peran plugin flash yang dijalankan oleh Adobe Flash Player dulunya sudah tergantikan dengan kehadiran CSS3 dengan Keyframe-nya. Tidak memakan resource besar, handal dan ringan ketika terload dalam menampilkan display. Sehingga saat ini, CSS3 dijadikan bahasa pemrograman utama dalam membangun sebuah website yang profesional.

Dan memang tidak ada salahnya mempelajari lebih lanjut tentang bahasa yang satu ini. Dengan CSS3 semua bisa terwujud bahkan sebuah gambar pun tidak memerlukan sebuah software apapun itu misal coreldraw untuk mendesain sebuah obyek karena sudah tergantikan dengan CSS3. Begitu pula dengan sebuah animasi gambar, juga bisa dibuat dengan CSS3 misal ini Animasi Anak Ayam dan Animasi Lebah.



CSS3 dapat melakukan penataan terhadap komponen HTML maupun XHTML pada halaman web sehingga menghasilkan tampilan yang ramah dimata para pengunjung atau visitor yang kian hari kian bertambah untuk mengunjungi sebuah website demi mencari sebuah info di dalamnya. Sehingga bisa dikatakan bahasa pemrograman handal ini sangat friendly atau bersahabat dengan kita sebagai pemrogram awam sekalipun.

CSS versi ketiga ini dapat melakukan berbagai pemutakhiran terhadap kemampuannya beradaptasi dengan teknologi multimedia yang semakin modern. Kemampuan yang dimiliki CSS3 antara lain adalah berikut ini :

1. CSS3 mampu membuat efek animasi secara independent atau bebas tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe Flash (yang sekarang sudah disuntik mati dan dinonaktifkan) dan Microsoft Silverlight. Karena hanya menggunakan kode-kode tertentu maka web tidak akan berat atau tidak lama me load nya dan tidak boros kuota untuk membukanya.

2. CSS3 mampu memberikan efek grafis terhadap teks, kolom, table, serta penataan huruf yang terbilang rumit menjadi hal yang simpel dan sederhana tapi tetap eye catching.

3. CSS3 mampu menampilkan berbagai macam dan jenis huruf selain web fonts.

4. CSS3 mampu merekonstruksi secara visual tampilan block, seperti mengubah ukuran kotak, transformasi 2D/3D, memberikan efek sudut lengkung (radius) dan shadow sebuah obyek (bayangan).

5. CSS3 mampu memanipulasi secara visual warna, desain maupun tekstur (gradient warna) dalam suatu halaman HTML atau XHTML dari sebuah website.

Kelebihan CSS3

1. Dapat mengatur dan mempercantik halaman muka atau interface sebuah web.

2. Bila ingin membuat file CSS3 sebaiknya menggunakan CSS external atau terpisah dari file html dan dapat dipanggil di file html. Hal ini dapat mempermudah kita jika terjadi pengeditan coding.

3. Dengan CSS3, sebuah website dapat berkembang dan lebih interaktif lagi.

4. Bisa mengurangi ukuran file yang akan di-load dan otomatis akan menjadi semakin ringan.

5. Lebih mudah dan simple serta dapat menghindari penggunaan tag yang berulang-ulang.

Sama juga dengan bahasa pembangun website seperti Javascript, JQuery, PHP serta HTML5, CSS3 adalah bumbu penyedapnya. Sehingga keberadaanya memang sangat vital untuk menentukan apakah website itu akan terlihat bagus atau sebaliknya. Maka pemakaian CSS3 memang perlu dan disarankan untuk mengupdate secara terus menerus tentang bab ini. Semoga ke depannya, CSS3 bisa menjadi satu bahasa pemrograman dan bisa ditampilkan dalam sebuah website builder CSS semisal codepen.io. Semoga ya. Selamat malam. Silakan upgrade ilmu dan Salam Blogger.

Bagikan ke teman-teman kamu
Label Postingan : CSS

Terima kasih ya udah mempraktekkan tutorial blog di web alifacode.com dengan judul Kehebatan Bahasa Pemrograman CSS3 yang Jarang Orang Tahu . Semoga tutorial blog ini dapat bermanfaat. Salam Blogger.

Comments

Pesan berupa SPAM, Sara, Iklan, Pornografi, Broken link dan Link Aktif akan kami hapus. Berkomentarlah dengan sopan dan mengikuti panduan mengemukakan pendapat yang baik.
EmoticonEmoticon